Rp 110 Triliun Digelontorkan Untuk Jaring Pengaman Sosial Terdampak Covid-19

Nasional  KAMIS, 02 APRIL 2020 , 17:41:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Rp 110 Triliun Digelontorkan Untuk Jaring Pengaman Sosial Terdampak Covid-19

Juliari P Batubara/Net

Pemerintah akan menggelontorkan uang sebesar Rp 110 triliun untuk bantuan yang dialokasikan ke program pengamanan sosial alias social safety net.

Begitu yang disampaikan oleh Menteri Sosial Juliari P Batubara saat konfernsi pers melalui streaming dari Graha BNPB, Jakarta, Kamis (2/4), seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL.

Politisi PDIP itu menjelaskan, anggaran Rp 110 triliun itu merupakan bagian dari alokasi total yang digelontorkan pemeritah sebesar Rp 405 triliun untuk menangani pandemik Coronavirus Disease (Covid-19).

"Sebagaimana telah disampaikan Bapak Presiden, melengkapi dua paket stimulus sebelumnya, dengan paket stimulus terkahir yang nilainya sekitar Rp 405 Triliun, dan diantaranya ada Rp 110 Triliun yang kami akan alokasikan ke program social safety net atau program jaring pengaman sosial," ujar Juliari.

Penggelontoran Rp 110 triliun ini, kata Juliari sebagai bentuk kehadiran negara pada saat masyarakat terkena dampak Covid-19. Misalnya, masyarakat harus mendapat bantuan sosial.

Juliari merinci, bentuk bantuan sosial yang diberikan berupa program bantuan sosial reguler seperti Program Keluarga Harapan (PKH), sembako, dan Kartu Prakerja. Selain itu, masyarakat juga mendapat diskon untuk biaya listrik hingga kredit perumahan.

"Tentunya kami juga berharap di luar dari program-program bantuan sosial yang berupa program bantuan sosial reguler seperti PKH, program sembako, kemudian nanti ada juga kartu pra kerja, diskon 50 persen hntuk pelanggan listrik 450 Va, kemudian juga subsidi bunga untuk masyarakat penghasilan rendah untuk kredit perumahan, dan lainnya," papar Juliari.

Untuk itu, dia berharap agar setiap Kepala Daerah turut menambah program bantuan sosial. Sehingga, langkah tersebut mampu meminimalisir dampak dari Covid-19.

"Kami sangat berharap agar para kepala daerah juga melengkapi, menambah program-program bantuan sosial sesuai arahan Presiden,” tutup Juliari.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00