Dilaporkan Advokat Ke Polda, Hakim PN Tangerang Ini Menolak Mundur

Hukum  KAMIS, 02 APRIL 2020 , 18:03:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Dilaporkan Advokat Ke Polda, Hakim PN Tangerang Ini Menolak Mundur

Sidang di PN Tangerang/Ist

Perdebatan sengit kembali mewarnai sidang perkara penipuan dengan terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Kamis (2/4). Hari ini agendanya tanggapan eksepsi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Perdebatan bermula saat penasehat hukum DW, Alvin Lim menanyakan kepada seseorang yang mengaku sebagai dokter Rutan terkait identitas dan kompetensinya.

Namun oleh majelis hakim M Irfan langsung dicegah. Hakim menegaskan yang dihadirkan di persidangan merupakan dokter Rutan.

Alvin menilai hakim telah melakukan dugaan pelanggaran kode etik hakim, karena hak tanya penasehat hukum dikebiri.

"Dokter punya keahlian dan kompentensi masing-masing. Misal orang sakit jantung apa dikonsultasikan ke dokter kulit? Terlihat kembali hakim ketua tidak mau mengubris hak-hak penasehat hukum di persidangan dan terburu-buru mau menyelesaikan persidangan," kata Alvin.

Saat tanggapan dibacakan pun, majelis hakim terlihat masa bodoh. Dia terlihat asik menelepon seseorang dengan ponselnya di tengah persidangan.

"Bagaimana masyarakat mau menghormati persidangan apabila hakimnya melabrak aturan formil dan etika yang berlaku? Inilah potret pengadilan yang ada di PN Tangerang," ujar Alvin.

Dalam kesempatan ini kuasa hukum DW lainnya, Tandry Laksana membacakan surat permintaan agar majelis hakim untuk mengundurkan diri dari persidangan.

Pasalnya sang hakim sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh pengacara DW dengan tuduhan penyalahgunaan wewenang.

Namun hakim Irfan dengan tegas menolak permintaan mundur tersebut.

Terkait hal tersebut, kata Alvin, sesuai pasal 220 KUHAP ketika majelis hakim menolak mengundurkan diri maka wewenang selanjutnya ada di Ketua Pengadilan Negeri.

"Sehingga kami akan menunggu keputusan Ketua PN sesuai amanah undang-undang," tegas Alvin. Sidang akan dilanjutkan pada Rabu (8/4) mendatang dengan agenda putusan sela.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00