Tak Terpengaruh PKS, DPRD Tetap Gelar Pemilihan Wagub 6 April

Politik  JUM'AT, 03 APRIL 2020 , 15:02:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Tak Terpengaruh PKS, DPRD Tetap Gelar Pemilihan Wagub 6 April

Farazandi Fidinansyah/Net

Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI memutuskan pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan digelar pada 6 April mendatang.

Keputusan tersebut diambil secara kolektif kolegial setelah sebelumnya ditunda dengan mempertimbangkan surat edaran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Edaran gubernur tersebut menginstruksikan agar semua kegiatan yang melibatkan perkumpulan massa di tengah pandemik Coronavirus Disiase (Covid-19) dihentikan sementara sampai dengan 5 April mendatang.

Namun tak lama berselang, Anies Baswedan melalui keputusan Gubernur Nomor 361 Tahun 2020 menetapkan perpanjangan status tanggap darurat bencana Covid-19 di DKI Jakarta selama 17 hari, terhitung sejak tanggal 3 April 2020 sampai dengan 19 April 2020.

Hal inilah yang membuat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersikeras mendesak agar pemilihan pendamping Anies Baswedan itu kembali ditunda sampai kondisi benar-benar aman.

Menanggapi PKS, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah mengaku bingung dengan permintaan PKS.

Sebab menurutnya, dalam rapat Bamus, PKS telah setuju pelaksanaan pemilihan Wagub digelar 6 April.

"Kalau sekarang minta ditunda lagi, Fraksi PKS belum melayangkan protes secara fraksi ya, ini kan orang per orang," kata Farazandi saat dihubungi wartawan, Jumat (3/4).

"Jadi, kalau orang per orang ditanggapi semua, jadi sulit dalam pengambilan keputusan. Karena tidak mungkin kita memenuhi permintaan masing-masing karena masing-masing punya pendapat sendiri-sendiri," sambungnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan, sejak awal Panlih mendorong agar pemilihan Wagub disegerakan sebelum wabah Covid-19 semakin parah. Namun proses tersebut terpaksa diundur.

"Kami tidak bisa memaksakan karena ini sifatnya kolektif kolegial. Alhamdulilah semua fraksi hadir termasuk PKS. Keputusan akhirnya, ditunda sampai tanggal 6 April, lalu tidak ada yang protes," tandasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00