Pembeli Sembako Di Jakgrosir Berjubelan, Ini Respon Politisi PDIP

Jakarta  SABTU, 04 APRIL 2020 , 20:43:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Pembeli Sembako Di Jakgrosir Berjubelan, Ini Respon Politisi PDIP

Gembong Warsono/Net

Penjualan sembako bersubsidi bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) di Jakgrosir, Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, terjadi antrean panjang, Sabtu pagi (4/3).

Ratusan warga tampak berdiri berbaris yang panjangnya ratusan meter sehingga cenderung melanggar aturan physical distance yang sering disosialisasikan jajaran Pemprov DKI Jakarta.

Ratusan warga tersebut terpaksa mengantre sampai berjam-jam lamanya demi mendapatkan sembako dengan harga murah.

Jenis sembako bersubsidi antara lain beras, tepung, minyak goreng, gula, daging sapi, daging ayam, maupun telur, didistribusikan kepada warga miskin oleh Pemprov DKI melalui Perumda Pasar Jaya tiap awal bulan.

Sembako murah tersebut didistribusikan kepada warga miskin, antara lain pemegang KJP, Kartu Pekerja Jakarta (KPJ), dan PHL jajaran Pemprov DKI.

Mereka sejak pagi sudah memenuhi halaman depan Jakgrosir dan terjadi antrean mengular sampai ratusan meter.

Hal tersebut banyak menuai kritikan karena tidak sesuai dengan kebijakan Gubernur Anies Baswedan yang selalu mengingatkan ‘jaga jarak’ untuk mencegah penularan virus Corona.

Percuma Gubernur mengalokasikan anggaran triliuan rupiah untuk menanggulangi Covid 19 kalau jajarannya justru membiarkan antrean seperti ini,” ujar salah satu warga di lokasi. 

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono juga menyesalkan adanya kegiatan yang menimbulkan antrean dan keramaian seperti itu.

Mestinya tidak boleh lagi terjadi seperti itu. Pak Gubernur maupun Perumda Pasar Jaya harus mencari solusi untuk distribusi sembako bersubsidi,” ujar Gembong.

Secara terpisah, Dirut Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengakui ada reaksi dari sejumlah anggota DPRD DKI atas antrean tersebut.

Antreannya memang panjang sekali karena kami belum bisa merealisasikan secara door to door delivery. Untuk tetap ‘menjaga jarak’ kami kerahkan petugas untuk mengawasi secara ketat agar mereka tidak berhimpitan,” ujar Arief.

Adapun untuk penjualan sembako non-subsidi, pihaknya sudah mengkampanyekan belanja via online.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00