Di Tengah Covid-19, KKP Tegaskan Akan Terus Lindungi Nelayan

Polhukam  MINGGU, 05 APRIL 2020 , 15:55:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Di Tengah Covid-19, KKP Tegaskan Akan Terus Lindungi Nelayan

Kapal illegal fishing/Ist

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus melakukan penjagaan di lokasi-lokasi yang dianggap rawan illegal fishing termasuk di Laut Natuna Utara.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Tb Haeru Rahayu mengatakan, para pelaku illegal fishing mempunyai modus operandi yang memanfaatkan kelengahan di tengah upaya untuk memerangi penyebaran Covid-19.

Kendati begitu, selama masa penanganan Covid-19, sudah enam kapal ikan asing ilegal yang yang ditangkap Ditjen PSDKP-KKP.

”Kapal Pengawas Perikanan kami tetap melakukan patroli di Laut Natuna Utara juga melakukan patroli agar tidak ada pelaku illegal fishing yang masuk ke perairan kita," kata Tb Haeru melalui keterangan tertulisnya, Minggu (5/4).

Seluruh jajaran Ditjen PSDKP yang ada di lapangan saat ini tetap waspada di lokasi yang ditengarai kerap menjadi sasaran pelaku illegal fishing.

"Sesuai arahan Pak Menteri, kami tidak mengurangi kinerja, namun tetap dengan ketat menerapkan prosedur pencegahan Covid-19," ujar Tb Haeru.

Sebelumnya, Menteri KKP Edhy Prabowo menekankan bahwa KKP akan terus melakukan serangkaian langkah strategis untuk melakukan upaya pengawalan terhadap nelayan Indonesia yang beroperasi di Laut Natuna Utara, dan pembebasan nelayan Indonesia yang ditangkap oleh aparat negara tetangga.

”Nelayan kita masih tetap perlu melaut untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa sulit ini. Oleh sebab itu KKP hadir untuk melindungi masyarakat kelautan dan perikanan," tegas Edhy.

"Kami tekankan bahwa dalam kondisi apapun kami tetap komit mengawal dan melindungi nelayan Indonesia, termasuk memberantas kapal asing pelaku illegal," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00