Riza Dampingi Anies, Pengamat: Jangan Sampai Lahir Matahari Kembar

Politik  SELASA, 07 APRIL 2020 , 07:37:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Riza Dampingi Anies, Pengamat: Jangan Sampai Lahir Matahari Kembar

Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria/Ist

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menetapkan politisi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria sebagai wakil gubernur (wagub) terpilih DKI Jakarta dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020) siang.

Penetapan itu dilakukan setelah anggota DPRD DKI melakukan pemilihan wagub DKI dalam rapat paripurna tersebut. Riza memenangi pemilihan dengan perolehan 81 suara.

Sementara rivalnya, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansjah Lubis, memperoleh 17 suara. Dua suara dinyatakan tidak sah.

Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Usni Hasanudin mengatakan, teripilhnya Riza sebagai pengganti Sandiaga Uno memang sudah lama dinantikan oleh warga Jakarta.

"Namun sinergitas dan kekompakkan Anies Baswedan-Riza Patria harus dijaga," kata Usni melalui keterangan tertulisnya, Selasa (7/4).

Menurut Usni, ritme harus diatur agar tidak ada kesan dua matahari pasca pemilihan wakil gubernur.

Kata Usni, meskipun hanya melanjutkan, bagi sosok Riza yang digawangi oleh Partai Gerindra dan aktivis di Jakarta juga perlu diperhatikan potensinya.

"Koordinasi harus dilakukan, penuntasan janji kampanye harus tetap menjadi prioritas," ujar Kepala Program Studi Ilmu Politik Fisip UMJ ini.

Usni mengingatkan, yang harus diperhatikan adalah bagaimana potensi yang dimiliki Riza dalam menangani wabah Covid 19. Ini merupakan ujian pertama bagi wakil gubernur yang dipilih melalui DPRD.

Selain itu, komunikasi politik memang harus dijaga. Harmonisasi keduanya perlu dibangun karena memang keduanya memiliki latar belakang berbeda. Anies adalah sosok akademisi dan Riza adalah sosok praktisi.

Oleh karena itulah keduanya harus membangun komunikasi politik yang baik, saling melengkapi bukan saling mendahului agar tidak muncul matahari kembar.

"Kita berharap Jakarta akan lebih berwibawa dari sisi kepemimpinannya. Duet baru ini diharapkan akan lebih membawa maslahat maju kotanya bahagia warganya. Selamat bekerja bung Riza," pungkas Usni.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00