Koalisi Nasional Pengaruhi Peta Politik Ibukota, Nurmansjah: PKS Tetap Solid

Politik  SELASA, 07 APRIL 2020 , 10:49:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Koalisi Nasional Pengaruhi Peta Politik Ibukota, Nurmansjah: PKS Tetap Solid

Nurmansjah Lubis/Ist

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansjah Lubis gagal menjadi pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan setelah kalah dari pesaingnya Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra.

Melalui akun Twitter pribadinya, Nurmansjah mengungkapkan bahwa keputusan politik di tingkat DKI tergolong unik karena perhitungannya mengikuti politik koalisi nasional.

"Artinya keputusan politik nasional, koalisi nasional, menentukan di kepemimpinan daerah di Jakarta dalam hal ini pemilihan Wagub," tulis Nurmansjah, Selasa (7/4).

Nurmansjah memperoleh 17 suara dari 100 anggota DPRD DKI yang memberikan hak suaranya.

Adapun jumlah anggota DPRD DKI secara keseluruhan ada 106 anggota dari 10 partai yang lolos yaitu PDI Perjuangan, Gerindra, PKS, PSI, PAN, Golkar, Demokrat, Nasdem, PPP dan PKB.

Untuk rinciannya yakni PDI Perjuangan mendapatkan 25 kursi, disusul Partai Gerindra dengan 19 kursi, PKS dengan 16 kursi dan Demokrat mendapat 10 kursi.

Selanjutnya PAN yang meraih 9 kursi, PSI dengan 8 kursi, Partai Nasdem 7 kursi, Partai Golkar mendapatkan 6 kursi, PKB 5 kursi, dan PPP hanya 1 kursi.

"Mudah-mudahan ini jadi berkah tersendiri bagi PKS yang tetap solid dengan 16+. Kita tetep solid dan kita berharap Jakarta tetap maju kotanya bahagia warganya," pungkas Nurmansjah.[dod]

Komentar Pembaca