Status PSBB Jakarta, Santoso Ingatkan Polri Hindari Sanksi Hukuman Kurungan

Jakarta  SELASA, 07 APRIL 2020 , 16:48:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Status PSBB Jakarta, Santoso Ingatkan Polri Hindari Sanksi Hukuman Kurungan

Santoso/Ist

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyetujui usulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Terawan menandatangani surat persetujuan PSBB ini pada Senin (6/4) malam.

Aturan mengenai PSBB telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 dan diturunkan secara rinci pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Menanggapi status PSBB di ibukota, Anggota Komisi III DPR RI Santoso mendorong Pemprov DKI Jakarta dibawah komando Anies Baswedan lebih optimal dalam menangani Covid-19.

"Optimal bukan hanya pada sisi kerja, tapi juga realisasi anggaran," kata Santoso melalui keterangan tertulisnya yang diterima Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Selasa (7/4).

Selain itu, Santoso mengharapkan Pemprov DKI Jakarta memprioritaskan ketersediaan alat pelindung diri (APD) di RSUD Yang menangani pasien Covid-19.

"Yang tidak kalah penting adalah kesejahteraan petugas medisnya harus diperhatikan dengan baik," ujar Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta ini.

Disisi lain, Santoso juga jajaran kepolisian untuk melaksanakan pengawasan terhadap PSBB secara persuasif.

Menurutnya, Polri harus mendahulukan sosialisasi yang humanis dan menghindari menerapkan sanksi hukuman kurungan badan jika tidak terlalu mendesak.

"Hal ini penting untuk menjadi perhatian oleh pihak kepolisian, karena jangan sampai penerapan PSBB ini menjadi problem sosial baru di tengah pandemi Covid-19," tegas Santoso.

Secara khusus, Santoso mengaku mendukung penuh pemberlakuan status PSBB, karena bertujuan untuk penanganan Covid19 dengan lebih cepat dan menghindari penyebaran yang lebih luas.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00