Status PSBB Jakarta, Fahira Idris Minta Warga Patuhi Arahan Anies Baswedan

Jakarta  SELASA, 07 APRIL 2020 , 17:14:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Status PSBB Jakarta, Fahira Idris Minta Warga Patuhi Arahan Anies Baswedan

Anies Baswedan/Net

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengeluarkan Surat Keputusan Menteri bernomor HK.01.07/MENKES/239/2020 yang menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Wilayah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka percepatan penanganan Coronavirus Desiase (Covid-19).

Anggota DPD RI asal DKI Jakarta Fahira Idris mengatakan, sebagai provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak, status PSBB memang harus segara diterapkan di Jakarta.

Untuk itu, warga DKI Jakarta diminta mendukung dan patuh terhadap aturan yang akan ditetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dengan disetujuinya PSBB, Gubernur DKI Jakarta mempunyai kewenangan untuk memformulasikan dan mengeksekusi berbagai kebijakan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona.

Kalau kita cermati sebenarnya dalam beberapa sisi Jakarta sudah menerapkan PSBB sejak pertengahan Maret lalu. Namun, karena saat itu belum ada payung hukum dari pusat, sifatnya masih imbauan," ujar Fahira kepada redaksi, Selasa (7/4).

"Dengan status PSBB yang sudah disetujui ini, maka ke depan lebih ketat dan tegas lagi karena sifatnya sudah mengikat dan tentunya ada penegakkan hukum," sambungnya.

Agar PSBB ini benar-benar efekfif menahan laju penyebaran Covid-19 di Jakarta, Fahira meminta semua warga tanpa terkecuali mendukung dan mematuhi arahan Gubernur.

Fahira optimis Pemprov DKI Jakarta sudah mempunyai berbagai formulasi kebijakan, peraturan, hingga teknis eksekusi PSBB termasuk mekanisme sosialisasi ke warga.

Menurut Fahira, upaya menekan laju penyebaran Covid-19 di Jakarta dipastikan akan memberi dampak signifikan untuk menekan atau menurunkan angka paparan Covid-19 di Indonesia.

Kuncinya warga mendukung, patuh, dan taat. InsyaAllah dampak-dampak baik ekonomi maupun sosial akibat status PSBB ini sudah diantisipasi oleh Pemprov DKI. Nantinya jika PSBB di Jakarta berjalan baik, bisa menjadi rujukan atau referensi bagi daerah atau provinsi lain,” pungkas Fahira.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00