Pemerintah Dinilai Manfaatkan Wabah Virus Corona Untuk Tambah Utang Negara

Ekonomi  RABU, 08 APRIL 2020 , 20:10:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Pemerintah Dinilai Manfaatkan Wabah Virus Corona Untuk Tambah Utang Negara

Sri Mulyani/Net

RMOL. Pemerintahan Presiden Joko Widodo dinilai memanfaatkan momentum wabah virus Corona sebagai alasan untuk menerbitkan surat utang.

Pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam mengatakan, pandemic bond yang akan dikeluarkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dianggap akan mengingkari janji manis Presiden Jokowi saat kampanye pada Pilpres 2014 lalu.

"Pemerintah jangan gegabah menerbitkan pandemic bond, jangan sampai Pemerintahan Jokowi mengkhianati janji-janji manisnya 5 tahun silam yang akan mengurangi beban utang setiap tahun," ucap Saiful Anam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (8/4).

Apalagi kata Saiful, jika surat utang yang dikeluarkan itu memanfaatkan situasi wabah Covid-19 yang semakin meluas di Indonesia.

Bahkan, dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) 1/2020 yang didalamnya melindungi para pejabat dari jeratan tuntutan pidana maupun perdata akan semakin memperlihatkan upaya memanfaatkan situasi saat ini.

"Jangan Covid-19 menjadi dasar legitimasi Pemerintahan Jokowi untuk menambah utang, apalagi dengan nominal yang fantastis sangat besar, jangka waktunya pun sampai 50 tahun," jelasnya.

"Jangan sampai Pemerintahan Jokowi mewarisi utang kepada seluruh anak bangsa," demikian Saiful. []

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00