Kemenkeu Jamin Tunjangan Guru Aman Meski Ada Penurunan Anggaran Karena Wabah Corona

Politik  SELASA, 21 APRIL 2020 , 22:40:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Kemenkeu Jamin Tunjangan Guru Aman Meski Ada Penurunan Anggaran Karena Wabah Corona

Ilustrasi/Net


Bahkan Kemenkeu menjamin tunjangan yang akan diberikan kepada guru tidak akan mengalami potongan meski ada penurunan alokasi anggaran pada APBN 2020.

"Penyesuaian alokasi dalam Perpres 54 Tahun 2020 tidak akan mengubah ketersediaan dana tunjangan guru," ungkap Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Rahayu Puspasari dalam keterangan resminya, Senin (21/4).

Rahayu menjelaskan, penurunan anggaran disesuaikan dengan sisa dana di kas daerah dan jumlah target penerima. Sejauh ini, terdapat sisa dana tunjangan guru yang berada di kas daerah untuk tahun anggaran 2019 sebesar Rp 2,98 triliun.

"Hal ini guna memastikan para guru tetap menerima penghargaan dan tunjangan sesuai peraturan perundangan," kata Rahayu.

Lebih lanjut ia jelaskan, pemerintah saat ini mengurangi anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari Rp 54,31 triliun menjadi Rp 53,45 triliun. Namun, penurunan anggaran ada pada komponen BOS kinerja, sedangkan BOS reguler dan BOS afirmasi tetap.

"Yang dikurangi adalah BOS kinerja karena bantuan ini pada dasarnya adalah insentif bagi sekolah-sekolah yang pengelolaannya baik," terang Rahayu.

Sedangkan anggaran BOS reguler tak diubah karena digunakan untuk mendukung operasional seluruh sekolah. Dengan demikian, sekolah-sekolah di Indonesia akan tetap mendapatkan bantuan di tengah penyebaran virus corona.

"Lalu kalau BOS afirmasi untuk membantu sekolah di daerah tertinggal. Jadi bantuan ini tidak dikurangi," pungkas Rahayu.

Sebelumnya, pemerintah memangkas anggaran Tunjangan Profesi Guru dari Rp 53,83 triliun menjadi Rp 50,88 triliun dalam rangka realokasi anggaran untuk penanganan wabah virus corona.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2020. []

Komentar Pembaca