Setiap Peristiwa Transaksi Uang, Saeful Bahri Ngaku Selalu Lapor Ke Hasto Kristiyanto

Hukum  KAMIS, 30 APRIL 2020 , 16:02:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Setiap Peristiwa Transaksi Uang, Saeful Bahri Ngaku Selalu Lapor Ke Hasto Kristiyanto

Saeful Bahri/Net

Kader PDI Perjuangan, Saeful Bahri yang juga terdakwa dalam perkara dugaan suap terkait pergantian anggota DPR RI terpilih 2019-2024 mengaku selalu melaporkan jika ada peristiwa transaksi uang dari Harun Masiku.

Hal itu disampaikan Saeful Bahri saat diperiksa sebagai terdakwa di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (30/4).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ronald Worotikan mempertanyakan isi percakapan antara terdakwa Saeful dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

Awalnya Jaksa Ronald mempertanyakan isi chat yang berisi tentang dana penghijauan. Setelah dijelaskan Saeful, Jaksa langsung kembali mempersoalkan chat lainnya pada 23 Desember 2019.

"Kemudian ada tanggal 23 Desember saudara melaporkan, 'ijin lapor mas hari ini P. Harun geser 850'. Ini maksudnya apa?" tanya Jaksa Ronald kepada Saeful.

Saeful pun menyebut bahwa penyampaian itu ia lakukan setelah ia pernah mendapatkan teguran dari Hasto karena pernah meminta dana operasional untuk pengurusan di KPU RI.

Sehingga, setiap peristiwa yang berkaitan uang tersebut, Saeful selalu melaporkan kepada Hasto.

"Jadi saya sempat ditegur oleh Pak Hasto sebelumnya bahwa saya minta dana operasional kepada Pak Harun. Tapi kemudian karena ada peristiwa tersebut ya saya pada akhirnya setiap ada peristiwa saya coba lapor," jawab Saeful dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL.

Dari laporan tersebut, Hasto pun menjawab dengan kata 'Ok sip'.

Hal itu juga sesuai dengan keterangan Hasto Kristiyanto saat menjadi saksi pada persidangan sebelumnya yakni pada Kamis (16/4) kemarin.

Hasto pun mengaku langsung menghubungi Saeful dan menegur karena Saeful telah meminta uang kepada Harun Masiku.[dod]

Komentar Pembaca