Alumni Dukung Kenaikan UKT Undip

Ragam  SELASA, 05 MEI 2020 , 17:25:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Alumni Dukung Kenaikan UKT Undip

Maryono/Ist

.Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) mendukung keputusan Undip Semarang, Jawa Tengah, menaikkan uang kuliah tunggal (UKT) untuk mahasiswa baru angkatan 2020.

Ketua Umum IKA Undip Maryono mengatakan, sampai dengan perubahan status perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH), Undip tidak pernah menaikkan UKT untuk mahasiswa.

"Adapun SK Kenaikan UKT untuk mahasiswa baru berdasarkan pada perhitungan Standar Satuan Biaya Operasional Perguruan Tinggi (SSBOPT) yang telah disampaikan kepada Kementerian Ristek Dikti sebagai syarat pengajuan alokasi BPPTN-BH tahun anggaran 2020," kata Maryono melalui keterangan tertulisnya, Selasa (5/5).

Karena itu, keputusan kenaikan UKT tersebut tidak bisa ditunda karena akan menimbulkan kesulitan yang bertentangan dengan Pasal 26 UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, dan kemungkinan akan menimbulkan kerugian negara.

"Undip sendiri memberikan kebijakan untuk biaya pendidikan akibat ketidakmampuan finansial sebagai dampak dari pandemi Covid-19 bagi mahasiswa lama dan baru dengan memperhatikan aturan yang berlaku," ujar Maryono.

Maryono mengungkapkan, setiap tahunnya Undip memberikan keringanan UKT bagi ribuan mahasiswa dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku.

"Kepedulian Undip ditengah wabah ini juga dibuktikan dengan memberikan bantuan baik berupa kuota internet, sembako, dan lainnya yang mendukung kelangsungan belajar dan kesejahteraan mahasiswanya," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Undip juga terus menjalin hubungan baik dan kerjasama dengan para alumni untuk bergotong royong bersama guna menjamin mahasiswanya untuk kelancaran studi dan pemenuhan kebutuhan hidup mahasiswa.

Sebelumnya, Rektor Undip Yos Johan Utama menyatakan, kenaikan UKT sudah melalui kesepakatan dan hasil pembahasan bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) setiap fakultas.

Yos mengatakan, kebijakan ini termuat dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Diponegoro Nomor:149/UN7.P/HK/2020 tentang Penetapan Besaran Uang Kuliah Tunggal dan Sumbangan Pembangunan Institusi Program Sarjana/Diploma Universitas Diponegoro. Kebijakan kenaikan UKT yang diteken sebelum pandemi Covid-19 tersebut tak diberlakukan bagi mahasiswa lama.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00