Waspada! Jakarta Diguyur Hujan Lebat Dalam Dua Hari Ke Depan

Peristiwa  SELASA, 12 MEI 2020 , 15:50:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Waspada! Jakarta Diguyur Hujan Lebat Dalam Dua Hari Ke Depan

Ilustrasi/Net

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberikan peringatan dini untuk wilayah DKI Jakarta untuk beberapa hari ke depan.

Melalui akun Twitter resminya, BPBD memperingati wilayah DKI Jakarta pada tanggal 12 hingga 13 Mei mendatang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat dan petir.

"Hal itu disebabkan, daerah tekanan rendah yang merupakan bibit siklon tropis 95W terpantau di Samudera Pasifik Timur Filipina dengan arah pergerakan ke arah barat laut," demikian penjelasan BPBD DKI.

Sistem ini memberikan dampak tidak langsung berupa pembentukan daerah belokan angin yang memanjang dari Sulawesi Utara hingga Maluku Utara dan pusat tekanan rendah di laut andaman membentuk pola belokan angin disekitaran pesisir barat Sumatera dari Aceh hingga Sumatera Utara.

Hal tersebut mampu meningkatkan potensi hujan di sepanjang daerah belokan angin dan konvergen tersebut. Daerah sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Daya lampung yang memberikan dampak tidak langsung pada pembentukan daerah belokan angin di pesisir barat Sumatera bagian barat.

Sehingga menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut yakni di Lampung bagian barat dan Bengkulu.

"Oleh sebab itu diimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para Camat dan lurah daerah rawan banjir dan longsor agar antisipasi dengan siagakan PPSU dan Satgas Banjir/PKLG DSDA kecamatan. Hubungi 112 apabila membutuhkan bantuan," tutup BPBD DKI.[dod]

Komentar Pembaca