Wakil Ketua PWI Jaya Amy Atmanto Ajak Jurnalis Muda Paham Menulis yang Baik

Ragam  JUM'AT, 15 MEI 2020 , 22:34:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Wakil Ketua PWI Jaya Amy Atmanto Ajak Jurnalis Muda Paham Menulis yang Baik

Amy Atmanto/ist

Jurnalis yang baik harus memperhatikan unsur cara penulisan yang akurat, baik, benar, seimbang dan selalu double check. Hal ini disampaikan Wakil Ketua PWI Jaya Bidang Kelembagaan, Amy Atmanto, saat didapuk sebagai pemateri sekalgus berbagai pengalaman kepada sejumlah jurnalis muda tanah air di acara Orientasi Wartawan ke-5/2020 yang diadakan PWI Jaya, Jumat (15/5/20).

Dalam materi yang disampaikannya, mantan jurnalis sebuah stasiun telivisi   ini membahas tentang trend penulisan media online yang sedang marak seperti clickbite yaitu trick membuat judul yang sensasional agar pembaca tertarik, penulisan berita berseri, penulisan berita dengan sumber sosmed dan blog pribadi

"Saat ini masih sering dijumpai jurnalis maupun penulis yang kerap membuat judul heboh tapi tidak memiliki makna yang sama dengan isi dari berita yang dibuatnya," kata Amy saat menyampaikan materi orientasinya melalui aplikasi Zoom.

"Udah seru-seru penasaran ingin tahu informasinya lebih dalam, taunya isinya beda hahaha pembaca kecewa niiih," tambah wanita yang juga yang juga berprofesi sebagai Strategic Communication Advisor Royal MediaComm ini dengan gaya becanda.

Sepatutnya, lanjut wartawati yang pernah bertugas di Istana negara ini, berita yang menarik itu sarat dengan isi dan informasi yang benar. Penulisan berita yang baik harus selalu berdasarkan fakta akurat dan melalui proses double check.

"Tak pelak, seorang jurnalis yang baik harus juga memperhatikan unsur 5W + 1H yaitu what, where, when who, why dan how. Selain menghadirkan informasi dengan baik dan benar, Jurnalis juga harus memahami kode etik jurnalistik agar tak terjerat masalah, "ujar salah satu Best Indonesian Desainer ternama ini.

Ia juga menghimbau agar para jurnalis pemula terus memperkaya ilmu jurnalistik mengingat dunia digital begitu cepat berkembang.

"Selain mengantisipasi kehadiran robot yang mungkin saja merajai era revolusi industri, entah apalagi yang akan muncul setelah hoax dan deepfake. Nantinya jika kita sudah baik, pun harus lebih baik lagi," pungkas wanita cantik yang juga seorang entrepreneur ini.

Sebagai informasi, Orientasi Wartawan ke-5/2020 yang dilakukan melalui aplikasi Zoom tersbeut diikuti oleh 26 jurnalis dari sejumlah media massa. SelainAmy Atmanto, materi orientasi juga disampaikan oleh Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah, Ketua Komisi Kompetensi Wartawan PWI Kamsul Hasan dan Diapari Sibatangkayu selaku Ketua Dewan Kehormatan PWI Jaya. [fah]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00