Ini Pengalaman Lebaran Pertama Ahmad Riza Patria Jadi Wagub

Peristiwa  MINGGU, 24 MEI 2020 , 20:12:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Ini Pengalaman Lebaran Pertama Ahmad Riza Patria Jadi Wagub

Ahmad Riza Patria/Ist

Di tengah pandemi Covid-19 dan penerapan PSBB DKI Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria alias Ariza bersama keluarga merayakan Idulfitri 1441 Hijriah di Rumah Dinas, Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Minggu (24/5).

Tanpa mengurangi rasa khidmat, Ariza bersama istrinya, Ellisa, serta ketiga putrinya, yakni Aisha, Aqila dan Athila melaksanakan salat Idulfitri berjamaah di rumah.

"Alhamdulillah hari ini kami sekeluarga melaksanakan perayaan kemenangan idulfitri setelah satu bulan mengikuti rangkaian kegiatan ibadah Ramadan. Saya dan keluarga melaksanakan salat Idulfitri di rumah. Saya sebagai imam, mengimami keluarga," kata Ariza.

Setelah salat Id di rumah, Ariza pun melakukan tradisi lebaran juga silaturahmi bersama keluarga maupun dengan rekan sejawat.

Namun ada yang berbeda pada tahun ini, silaturahmi dilakukan secara virtual melalui fasilitas panggilan video (video call) di telepon genggam atau handphone.

"Kami di rumah memang tidak ada open house, tidak menerima tamu. Hanya melakukan silaturahmi melalui virtual. Jadi lebaran virtual juga sesuatu yang luar biasa, biasanya berkunjung dan menerima tamu, kali ini kami menggunakan 'gadget' bersilaturahmi dengan keluarga. Di mana pun berada, di Jakarta maupun di luar kota," ujar Ariza.

Ariza menambahkan, meski dalam suasana pandemi global Covid-19 namun banyak hikmah baik yang bisa dipetik, baik bagi keluarganya maupun masyarakat pada umumnya.

"Kalau kita ambil hikmah Ramadhan ini dan Lebaran kali adalah satu yang luar bisa, yang mungkin sepanjang hidup kita belum pernah alami. Suasana ibadah Ramadhan dan Lebaran yang sangat khas (namun tetap) khidmat, khusyuk bersama keluarga (di rumah). Semoga ini menjadi kekompakan, kesolidan, keakraban, persatuan, kerukunan dan solidaritas bagi keluarga dan (berdampak) positif agar bangsa ini juga semakin rukun, damai dan baik," tutur Ariza.

Di samping itu, Ariza turut mengimbau agar warga Jakarta tetap mematuhi semua ketentuan yang berlaku pada PSBB fase ketiga ini, termasuk saat melaksanakan tradisi lebaran tahun ini. Diharapkan warga dapat memanfaatkan teknologi digital yang ada, untuk memudahkan dalam berkomunikasi jarak jauh, khususnya bersilaturahmi dengan keluarga, sahabat, atau rekan sejawat.

"Hari pertama ini kami tidak ke mana mana, hari kedua juga. Kami mengajak seluruh warga Jakarta untuk tidak keluar rumah, lakukan silaturahmi (dan) lebaran sekalipun dengan keluarga dan lain sebagainya cukup melalui virtual, cukup melalui video conference, zooming dan lain lain," pungkas Ariza.[dod]

Komentar Pembaca
Viral!! Aksi Menunggang Sapi Raksasa di Boyolali
Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

JUM'AT, 10 JULI 2020 , 21:30:00

New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

MINGGU, 05 JULI 2020 , 02:30:19

Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok
Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading