Kang Tamil: Kunci Utama "New Normal" Ketegasan Pemerintah Sanksi Pelanggar

Polhukam  SELASA, 26 MEI 2020 , 14:39:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Kang Tamil: Kunci Utama

Tamil Selvan/Net

"New normal" merupakan solusi terbaik untuk diterapkan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir di Tanah Air.

"New normal merupakan jalan tengah bagi penanganan krisis kesehatan dan menjaga agar siklus roda perekonomian tetap jalan. Kita tidak bisa menyamakan kondisi perekonomian semua orang," kata pengamat sosial politik Tamil Selvan alias Kang Tamil melalui Channel Youtube yang diakses Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Selasa (26/5).

Menurut Kang Tamil, kondisi tersebut makin diperparah dengan implementasi di lapangan, dimana banyak peraturan pemerintah yang tumpang tindih dan berubah-ubah.

"Kunci utama kesuksesan new normal adalah ketegasan pemerintah dalam memberikan sanksi bagi pelanggar. Kemudian pemerintah harus bisa menyiapkan antisipasi-antisipasi," ujar Kang Tamil.

Kang Tamil menilai, publik juga tidak bisa begitu saja menyalahkan jika terjadi kerumunan. Justru sebelum terjadi kerumunan, publik harus bisa mencari solusi apa yang harus dilakukan.

"Jika kita berpacu kepada angka positif Covid-19, kita harus mengetahui satu hal, saat ini rapid test begitu massif dilakukan. Itu artinya ketika massif dilakukan maka akan ketahuan orang-orang yang selama ini positif Corona. Orang yang selama ini OTG, ketika tes dia teridentifikasi Covid-19. Ini mengetahui kondisi sebenarnya. Bisa jadi angka Covid-19 dari awal seperti itu, namun sekarang baru ketahuan," ungkap Kang Tamil.

Soal tagar #IndonesiaTerserah yang ramai di media sosial, Kang Tamil mengaku tidak yakin petugas medis yang melakukannya.

" Saya tidak yakin para petugas medis itu punya waktu untuk membuat tagar-tagaranan di media sosial sehingga ini menjadi viral," ucap Kang Tamil.

Ia menduga hal ini dilakukan pihak-pihak tertentu untuk mengacaukan keadaan.

Karenanya ia mengajak publik berpikir cerdas dan berempati kepada diri sendiri serta pemerintah dalam menghadapi new normal.

"Mari kita lakukan ikuti protokol kesehatan. Lalu roda perekonomian bisa berjalan," pungkas Kang Tamil.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok