APPBI Pastikan Tak Ada Penumpukan Saat Mal Kembali Beroperasi

Megapolitan  RABU, 27 MEI 2020 , 14:49:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

APPBI Pastikan Tak Ada Penumpukan Saat Mal Kembali Beroperasi

Pusat Grosir Cililitan/Net

Pusat perbelanjaan atau Mal di DKI Jakarta bersiap kembali beroperasi seiring kebijakan new normal di tengah virus corona.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat mengakui saat ini dunia tengah mengalami masa yang sangat berat dimana banyak bisnis dan usaha yang terpaksa tutup

"Tapi kalau kita terus tidak berani melangkah satu langkah menjadi new normal, ini semakin berat," kata Ellen melalui video yang diunggah di channel Youtube, Rabu (27/5).

Kendati nantinya mal dibuka, Ellen memastikan bahwa tetap ada pembatasan dan mengedepankan aturan mengenai physical distancing.

"Kami mempunyai 80 anggota dan itu tersebar di lima wilayah. Sehingga pada saat itu dibuka, masing-masing mal juga mempunyai segmentasi sendiri, mempunyai positioning sendiri, dan tentu mempunyai loyalty customer juga," ujar Ellen.

"Sehingga tidak akan terjadi penumpukan di salah satu mal," tandas Ellen.

Untuk diketahui sekitar 67 mal direncanakan akan mulai beroperasi kembali pada 5 Juni 2020 dan 6 mal akan buka pada 8 Juni 2020.

Salah satu pusat perbelanjaan yang berancang-ancang buka kembali adalah Pusat Grosir Cililitan (PGC) di Jakarta Timur.

Pengelola PGC sendiri telah menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) berupa protokol kesehatan yang akan diterapkan.

Adapun rincian protokol kesehatannya adalah pertama, antrean pengunjung yang memasuki mal diatur oleh petugas dengan menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing) sejauh 1 meter.

Kedua, pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki area mal akan dilakukan menggunakan thermo gun atau scanner.

Keempat, antrean berjarak juga diberlakukan ketika pengunjung memasuki toko di dalam mal untuk menghindari kerumunan yang dapat berpotensi terjadinya penyebaran Covid-19.

Kelima, di seluruh area mal akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala guna menjaga kesehatan pengunjung mal.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok