TARIF Jadi Solusi Pendistribusian Bansos Tidak Berantakan

Ragam  KAMIS, 28 MEI 2020 , 19:19:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

TARIF Jadi  Solusi Pendistribusian Bansos Tidak Berantakan

Yohanes Handojo/Ist

Pendistribusian bantuan sosial (bansos) yang diberikan pemerintah untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak virus Corona baru (Covid-19) kerap bermasalah.

Hal tersebut terjadi karena data penerima bansos yang berantakan dan benturan kebijakan yang mengakibatkan kebingungan di masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua Umum Vox Point Indonesia Yohanes Handojo Budhisedjati saat mengisi diskusi politik secara daring dengan tema 'Bansos Pandemik Covid-19, Bencana atau Berkah?'

"Kedepan agar pendistribusian terlaksana dengan baik, kami memberikan rekomendasi bansos harus dikelola berdasarkan lima pilar yang disingkat TARIF, yaitu transparan, accountable, resposibilty, independency dan fairness," ujarnya melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, Kamis (28/5).

Handojo lalu menyarankan agar urusan bansos dapat dikelola oleh satu kementerian saja agar tidak terjadi tumpang tindih dan menggunakan digitalisasi data. Selain itu pemberian bansos, apa pun jenisnya, juga dapat disalurkan melalui sistem perbankan.

"Artinya misal sembako seharga 600 ribu, maka itu bisa disalurkan melalui bank," ungkapnya.

Terakhir pemerintah harus dapat menciptakan sinergi terhadap semua elemen baik dalam pemerintahan maupun dengan kepala daerah serta dengan pihak-pihak yang memberikan kritik kepada pemerintah.

"Upaya untuk bersatu hati dan menggalang kerjasama yang kokoh dalam menghadapi pandemik dan krisis di bidang perekonomian akan membawa bangsa ini menjadi bangsa Pemenang," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok