Anies Serukan ASN DKI Jangan Lesu Meski TKD Berkurang

Megapolitan  JUM'AT, 29 MEI 2020 , 14:07:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Anies Serukan ASN DKI Jangan Lesu Meski TKD Berkurang

Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria/Ist

Pandemik Covid-19 yang tengah mewabah, tak hanya berdampak kepada kesehatan namun juga perekonomian. Akibatnya pemasukan Pemprov DKI Jakarta dari pajak ikut terimbas.

Pendapatan pajak diketahui merosot dari Rp50,17 triliun menjadi Rp22,5 triliun atau tinggal 45 persen. Bahkan APBD Pemprov DKI pun ikut turun, dari semula Rp87,9 triliun menjadi Rp47,2triliun atau tersisa 53 persen.

Dalam kondisi yang demikian, Pemprov DKI terpaksa melakukan relokasi anggaran dengan melakukan pemangkasan di berbagai sektor. Tak terkecuali anggaran belanja pegawai berkurang sebesar Rp4,3 triliun.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, melalui video yang diunggah lewat akun YouTube Pemprov DKI menjelaskan, Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) ASN Pemprov DKI Jakarta yang besarannya 25% direlokasi untuk mengamankan anggaran bansos, dan 25% berikutnya ditunda pemberiannya karena dialihkan untuk darurat penanganan Covid-19. Namun untuk Gaji ASN tidak ada perubahan.

"Saya ingin ingatkan kepada kita semua bahwa kita adalah penyelenggara negara. Tugas kita adalah melindungi rakyat. Keselamatan rakyat adalah prioritas nomor satu. Dalam kondisi apapun, sikap kita harus jelas. Menomorsatukan rakyat daripada diri sendiri, apalagi dalam kondisi penuh cobaan seperti sekarang ini," ungkap Anies, Jumat (29/5).

Untuk itu, Anies memerintahkan semua ASN di Pemprov DKI Jakarta untuk bersikap sebagai penyelenggara negara yang memiliki jiwa ksatria, tangguh, tabah, tidak lembek dan tak lunglai menghadapi cobaan.

"Ya, anggaran kita turun. Ya, pendapatan kita berkurang. Ya, TKD kita berkurang. Tapi kita tetap penuh komitmen untuk terus bekerja bagi rakyat Jakarta. Jangan pernah luntur. Jangan goyah. Jangan lesu," tegasnya

"Tunjukkan di depan keluarga, di depan kolega, di depan warga semua, dalam kondisi penuh cobaan seperti ini, ASN DKI Jakarta tangguh," demikian Anies.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok