Sardjono Jadi Dirut Transjakarta, Adi Kurnia: Ribuan Pekerja Yang Dipecat Jadi PR Utama

Megapolitan  JUM'AT, 29 MEI 2020 , 19:23:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Sardjono Jadi Dirut Transjakarta, Adi Kurnia: Ribuan Pekerja Yang Dipecat Jadi PR Utama

Adi Kurnia Setiadi/Net

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Adi Kurnia Setiadi mengatakan, ada sederet pekerjaan rumah (PR) yang harus segera diselesaikan Sardjono Jhony Tijitrokusumo yang baru saja ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

"Salah satunya soal nasib ribuan pekerja magang yang dipecat sepihak pada awal tahun 2020," kata Adi saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Jumat malam (29/5).

Padahal, ribuan pekerja magang itu, kata Adi, pernah dijanjikan manajemen PT Transjakarta untuk diangkat sebagai Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

"Bukannya diangkat menjadi PKWT mereka malahan dirumahkan," ujar Adi menyesalkan.

Selain itu, menurut Adi, Dirut Transjakarta yang baru juga harus memikirkan nasib ribuan pekerja perusahaan bus yang melakukan kerja sama operasi (KSO) dengan perusahaan transportasi milik Pemprov DKI Jakarta tersebut.

"Sebab sejak pemberlakuan PSBB, armada yang beroperasi dipangkas dan headway lebih lama. Ini otomatis berimbas terhadap perusahaan bus yang melakukan KSO," ucap Adi.

Diketahui, selama PSBB, PT Transjakarta melakukan dejumlah perubahan operasional armadanya. Diantaranya hanya melayani penumpang pada pukul 06.00-18.00 WIB. Sedangkan koridor yang beroperasi hanya 13 rute.

Disisi lain, Adi mengungkapkan, untuk memingkatkan pelayanannya, PT Transjakarta diminta menyediakan fasilitas toilet dan musala di 278 shelter eksisting.

Toilet dan musala merupakan kebutuhan yang banyak diminta masyarakat," saran politisi Partai Gerindra ini.

Adi menilai musala dan toilet menjadi kebutuhan dasar bagi penumpang bus Transjakarta. Apalagi bila waktu tunggu bus yang cukup lama, sehingga pengguna bisa memanfaatkan waktu untuk beribadah atau kebutuhan ke kamar kecil.

"Jadi penumpang nggak perlu keluar shelter untuk salat atau buang air," pungkas Adi.

Seperti diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempercayakan posisi Dirut PT Transjakarta dipegang Sardjono Jhony Tijitrokusumo. Sardjono merupakan mantan Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines.

Hal ini dibenarkan Sekretaris Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BPBUMD) DKI Jakarta Riyadi.

"Keputusannya dari RUPS (rapat umum pemegang saham) pada Rabu, 27 Mei 2020. Keputusan mengangkat Pak Sardjono Jhony Tjitrokusumo sebagai Direktur Utama PT Transjakarta," kata Riyadi saat dihubungi, Jumat (29/5).

Jhony sendiri merupakan kandidat tunggal Direktur Utama PT Transjakarta. Terkait hal ini, Riyadi memastikan pengangkatan Jhony tak mengabaikan tahapan seleksi.

"Kebetulan ada satu kandidat cuma Pak Jhony, kemudian kita tes, dinyatakan lolos, ya sudah. Kalau enggak lolos kita cari yang lain," ucapnya.

Diketahui Jhony diangkat menggantikan Donny Andy Saragih yang dibatalkan pengangkatannya oleh Pemprov DKI pada 29 Januari lalu karena menyandang status terpidana kasus penipuan.

Menurut Riyadi, Jhony dianggap cocok menyandang jabatan di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu. Sebab Jhony memiliki banyak pengalaman dalam bidang transportasi.

"Dia pernah (menjadi pilot) di Merpati, kemudian pernah jadi direktur di Angkasa Pura I. Yang jelaskan pengalamannya transportasi," ujar Riyadi.

Untuk informasi, Jhony pernah menjadi pilot di Merpati Airlines pada 1991 - 2004. Jhony lalu melanjutkan karier di Qatar Airways pada 2006-2007.

Karier Jhony berlanjut di Etihad Airways sebagai pilot senior pada 2008. Jhony menjabat Direktur Hubungan Internasional dan Pengembangan Usaha Angkasa Pura I pada 2017.[dod]

Komentar Pembaca
Viral!! Aksi Menunggang Sapi Raksasa di Boyolali
Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

JUM'AT, 10 JULI 2020 , 21:30:00

New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

MINGGU, 05 JULI 2020 , 02:30:19

Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok
Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading