15 Daerah Di Jawa Barat Ini Terapkan New Normal, Tidak Termasuk Bogor, Depok Dan Bekasi

Nusantara  SABTU, 30 MEI 2020 , 10:32:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

15 Daerah Di Jawa Barat Ini Terapkan New Normal, Tidak Termasuk Bogor, Depok Dan Bekasi

Ridwan Kamil/Net

Sebanyak 15 daerah di Jawa Barat telah diizinkan untuk menerapkan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Keputusan itu diambil berdasarkan kajian secara ilmiah dari beberapa ilmuwan di Jawa Barat.

Dilaporkan Kantor Berita Politik RMOLJabar, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, 15 kabupaten/kota di Jabar yang akan menerapkan new normal masuk dalam kategori wilayah dengan level 2 atau zona biru.

Jika dipersentasikan sebanyak 60 persen dari jumlah daerah di Jawa Barat yang akan menjalankan pola hidup baru beradaptasi dengan virus asal Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China itu.

Bahwa yang diizinkan untuk new normal atau AKB ada 60 persen,” ucap Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (29/5).

Emil menyebut, 40 persen daerah lainnya atau 12 kabupaten/kota di Jabar masih dalam kategori zona kuning.

Untuk itu, Emil merekomendasikan daerah tersebut untuk tetap melakukan PSBB.

40 persen yang zona kuning karena kami tetap waspada tidak mengendurkan pengawasan, maka yang 40 persen kuning atau 12 kota/kabupaten kami tetap rekomendasikan untuk melakukan PSBB,” ungkapnya.

PSBB-nya dibagi 2 deadline, untuk zona kuning Bodebek karena semua Bodebek zona kuning rekomendasi PSBB tapi karena klusternya Jakarta maka PSBB-nya sampai tanggal 4 Juni. Kemudian ada 7 diluar Bodebek yang masih zona kuning itu direkomendasi untuk melanjutkan PSBB parsial sampai tanggal 12 Juni,” tambahnya.

Lima belas kabupaten/kota di Jawa Barat yang mulai tetapkan new normal adalah Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Cirebon, Kota Sukabumi dan Kota Tasikmalaya.

Sedangkan kabupaten/kota di Jabar yang tetap menerapkan PSBB adalah, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi dan Kota Depok. [dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok