Tak Pakai Masker Di Lingkungan Apartemen Ini, Siap-siap Didenda Rp 500 Ribu

Ragam  MINGGU, 31 MEI 2020 , 20:19:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Tak Pakai Masker Di Lingkungan Apartemen Ini, Siap-siap Didenda Rp 500 Ribu

Apartemen Taman Rasuna/Ist

Pandemi Covid-19 yang belum berakhir di Jakarta, memaksa semua pihak untuk beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru.

Antara lain menjaga jarak, mengurangi interaksi langsung dan berpindah ke interaksi daring, menghindari kerumunan serta berkegiatan di luar, hingga menerapkan pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan dan mengenakan masker jika melakukan kegiatan di luar.

Khusus penggunaan masker, bisa dibilang menjadi faktor penentu pencegahan penularan virus Covid- 19. Karena masker mampu menahan droplet yang menjadi sumber penyebaran virus tersebut.

Berdasarkan hal itu, maka dirasa penting bagi siapapun untuk disiplin mengenakan masker apabila berkegiatan di luar.

Guna meningkatkan kedisiplinan penggunaan masker, Apartemen Taman Rasuna di Setiabudi, Jakarta Selatan, menginisiasi regulasi dengan unsur punishment berupa denda bagi siapa saja penghuni atau tamu yang tak menggunakan masker di lingkungan apartemen tersebut.

Untuk mencegah penularan wabah Covid-19, mulai 1 Juni 2020 kami mewajibkan setiap orang atau memasuki area apartemen untuk menggunakan masker,” kata Manager TR Badan Pengelola Apartemen Taman Rasuna, Yunita Irma melalui keterangan tertulisnya, Minggu (31/5).

Ketentuan itu didasarkan pada SK Pengurus P3RS Apartemen Taman Rasuna No 07/P3SRSATR-SK/Penggunaan Masker/V/2030 tanggal 29 Mei 2020.

Dalam regulasi tersebut, juga diatur mengenai penerapan denda sebesar Rp 500 ribu bagi penghuni atau tamu yang tidak menenakan masker dan terdeteksi oleh kamera dan CCTV di lingkungan Apartemen Taman Rasuna.

Denda tersebut juga berlaku jika ada laporan ke badan pengelola yang disertai bukti foto/video dengan aplikasi timestamp.

Untuk memberikan penegasan, penghuni yang telah terbukti tidak mengenakan masker di area umum dan menolak membayar, maka denda akan dimasukkan ke dalam tagihan bulanan sesuai mekanisme penagihan yang berlaku di badan pengelola,” tegas Yunita.

Diharapkan regulasi penggunaan masker ini akan meningkatkan kedisiplinan penghuni Apartemen Taman Rasuna dan mencegah penularan Covid-19, sekaligus dalam jangka panjang akan melahirkan budaya baru untuk bersama mengambil tanggung jawab dalam memerangi pandemi ini mulai dari diri sendiri.

Kami berharap dengan adanya regulasi ini warga semakin disiplin menggunakan masker dan tentunya akan berdampak pada pencegahan penularan Covid-19, khususnya di wilayah Apartemen Taman Rasuna,” tutup Yunita.[dod]

Komentar Pembaca