Kasus Indo Surya Dkk Meledak, Otto Hasibuan: Menkop-UKM Dan OJK Harus Bertanggung Jawab

Bisnis  SENIN, 01 JUNI 2020 , 12:19:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Kasus Indo Surya Dkk Meledak,  Otto Hasibuan: Menkop-UKM Dan OJK Harus Bertanggung Jawab

Otto Hasibuan/Ist

Kasus gagal bayar Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indo Surya dan sederet perusahaan lain, mulai dari sekuritas, asuransi, dan lainnya, sama sekali tidak terkait dengan pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan advokat senior sekaligus kuasa hukum kreditur KSP Indo Surya, Otto Hasibuan melalui keterangan tertulisnya, Senin (1/6).

"Banyak kasus yang terjadi sekarang ini lebih dikarenakan lemahnya pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), baik perusahaan asuransi maupun reksa dana," kata Otto.

Otto mencontohkan kasus KSP Indo Surya yang menjadi bukti lemahnya pengawasan pemerintah, khususnya Kementerian Koperasi dan UKM.

"Bayangkan, Indo Surya bisa meraup dana dari masyarakat sampai triliunan rupiah. Menteri Koperasi dan UKM tidak mengawasi dan sekarang jebol. Sudah begitu juga, saya tidak melihat perhatian serius dari pemerintah untuk menyelesaikannya," ujar Otto.

Untuk itulah badan-badan usaha di bawah OJK, Otto menyerukan tidak boleh ada pembiaran.

"OJK jangan tinggal diam. Kalau ada pembiaran dan kelalaian melakukan pengawasan, bisa diduga OJK dan pemerintah melakukan negligent dan perbuatan melawan hukum," tegas Otto.

Menurut Otto, perbuatan melawan hukum ada dua macam, berbuat atau tidak berbuat yang mengakibatkan kerugian bagi pihak lain.

OJK dan pemerintah, kata Otto, harus menjelaskan kepada masyarakat, kenapa hal ini bisa terjadi dan apa solusinya. Apa yang dilakukan KSP Indo Surya dan perusahaan lainnya yang bermasalah merupakan itikad bisnis yang tidak baik.

Bila ini dibiarkan, menurut Otto, sama saja menghilangkan kepercayaan rakyat terhadap pemerintah. Kalau rakyat sudah tidak percaya, akan mengganggu perekonomian secara nasional.

"OJK harus tegas, kalau memang perusahaan-perusahaan itu bermasalah, namun masih ada peluang membayar hutangnya, silahkan ajukan PKPU (restrukturisasi). Atau kalau memang tidak mampu bayar dan perusahaan sudah macet, segera dipailitkan," pungkas Otto.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mendesak koperasi simpan pinjam yang bermasalah, termasuk KSP Indosurya, untuk secepatnya menggelar rapat anggota khusus guna mencari solusi bersama terhadap permasalahan yang dihadapi.

Kementerian yang dipimpinnya juga sudah berkoordinasi dan bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"(Soal Indo Surya) Kami sudah meminta, kerja sama dengan OJK. Untuk koperasi simpan pinjam, dalam menghadapi situasi ekonomi kurang baik harus segera melakukan rapat anggota khusus untuk mencari solusi bersama dengan anggota," tegas Teten.

Sementara itu, OJK menegaskan tidak ikut bertanggung jawab atas terjadinya gagal bayar di KSP Indo Surya Cipta. Sebab OJK tidak memiliki kewenangan untuk memberikan izin dan mengawasi koperasi.

"Dengan ini ditegaskan bahwa sesuai dengan UU OJK Nomor 21 Tahun 2011 dan memperhatikan UU Lembaga Keuangan Mikro dan UU Koperasi, maka OJK tidak memberikan izin dan mengawasi KSP Indo Surya," ujar Jubir OJK Sekar Putih Djarot.

Sekar menegaskan, atas permasalahan yang terjadi di KSP Indo Surya, OJK telah berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UMKM dan Satuan Tugas Waspada Investasi sesuai dengan kewenangan masing-masing pihak untuk menindaklanjutinya.

OJK juga menilai bahwa KSP Indo Surya tidak memiliki hubungan formal hukum dengan Grup Indosurya. Sementara grup konglomerasi keuangan itu berisi berbagai jenis perusahaan yang kegiatannya masuk dalam kewenangan OJK, seperti manajer investasi, asuransi hingga sekuritas dan bank perkreditan rakyat (BPR).[dod]

Komentar Pembaca
Viral!! Aksi Menunggang Sapi Raksasa di Boyolali
Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

JUM'AT, 10 JULI 2020 , 21:30:00

New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

MINGGU, 05 JULI 2020 , 02:30:19

Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok
Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading