Pemprov DKI Akan Terapkan PSBL, PDIP: Surat Izin Keluar Masuk Tak Penting

Megapolitan  SELASA, 02 JUNI 2020 , 12:44:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Pemprov DKI Akan Terapkan PSBL, PDIP: Surat Izin Keluar Masuk Tak Penting

Johnny Simanjuntak/Net

Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) untuk mengejar efektivitas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di 62 RW yang masih berstatus zona merah di Ibukota.

Nantinya akan dilakukan pengetatan pembatasan gerak masyarakat di seluruh RW. Salah satunya pemakaian surat bagi warga yang hendak keluar masuk. Hal tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona baru (Covid-19) yang masih mewabah.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD DKI Jakarta, Johnny Simanjuntak mengatakan, penggunaan nama baru PSBL sebenarnya tidak begitu penting.

Menurutnya, yang perlu dioptimalkan saat ini adalah peran serta masyarakat dalam mendukung memutus mata rantai virus mematikan tersebut.

"Substansi pencegahannya itu adalah dengan menjalankan protokol kesehatan, bukan mengatur keluar masuk dengan surat izin di zona merah itu. Yang paling penting bahwa bagaimana sosialisasi dan membudayakan protokol pencegahan Covid-19 berjalan," ungkapnya saat dihubungi wartawan, Selasa (2/6).

Saat ini pun pemerintah tengah gencar menggaungkan fase new normal. Oleh karenanya, kata Johnny, jika Pemprov DKI mengusulkan PSBL dengan memetakan zona merah, maka telah terjadinya penurunan.

"Pemprov sudah harus antisipasi, bersiap, bahwa kita sewaktu-waktu harus melakulan pelonggaran PSBB. Persiapan itu bukan hanya dari aparat pemerintah, tapi pergerakan masyarakat dengan sosialisasi," ujar politisi PDI Perjuangan itu.

"Harus ada aturan yang ditetapkan, lebih keras lebih ketat tapi harus didampingi juga sosialisasi persuasif humanis itu. Menyadarkan masyarakat," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00