Mendesak, Anies Evaluasi TGUPP

Politik  SELASA, 02 JUNI 2020 , 16:08:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Mendesak, Anies Evaluasi TGUPP

Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria/Ist

Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta terus disorot publik.

Gubernur DKI Anies Baswedan diminta bijak untuk melakukan evaluasi terhadap para pembantunya tersebut. Saat ini, dinilai waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi TGUPP.

Demikian disampaikan Pengamat Politik Univesitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Usni Hasanuddin kepada wartawan, Selasa (2/7).

Usni berpendapat, pasca terisinya posisi Wakil Gubernur (Wagub) DKI yang sempat lama kosong sepeninggal Sandiaga Uno, sudah banyak pekerjaan Gubernur diambilalih oleh Wagub Ahmad Riza Patria alias Ariza.

Menurut Usni, keberadaan TGUPP baiknya dievaluasi dengan berbagai pertimbangan yang dapat meningkatkan komunikasi antara Gubernur Anies dan Wagub Ariza.

"Ini diperlukan, sebagai langkah agar keduanya dapat sinergi dalam percepatan pembangunan di Ibukota," kata Usni.

Meskipun, Wagub DKI sebatas menggantikan, menurut Kaprodi Ilmu Politik UMJ itu, orang nomor dua di Ibukota juga memiliki kewajiban yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat Jakarta.

"Dengan adanya evaluasi ini, minimal Anies dapat menerima masukan dari pihak yang berbeda. Ini sangat penting, bagi keduanya untuk memuluskan dan mensosialisasikan. Bahkan, mengkonsolidasikan upaya yang akan dilakukan oleh keduanya," ucap Usni.

Kata Usni, dengan komposisi baru akan terjadi penyegaran dalam pengembangan lebih lanjut. Jadi, tidak ada kesan anggota TGUPP hanya didominasi sebatas mengakomodir pihak-pihak tertentu.

"Memang berpulang untuk keduanya. Apakah evaluasi atau penyegaran TGUPP? Dibutuhkan atau tidak? Atau mungkin penambahan juga bisa dilakukan bergantung pada komunikasi keduanya," pungkas Usni.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok