Aturan Baru, Penumpang KRL Dilarang Bicara Dalam Gerbong

Peristiwa  SELASA, 02 JUNI 2020 , 19:12:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Aturan Baru, Penumpang KRL Dilarang Bicara Dalam Gerbong

Penumpang KRL/Net

Skenario normal baru alias new normal dipersiapkan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dengan mengeluarkan beberapa kebijakan baru yang wajib dipatuhi bagi petugas frontliner maupun pengguna Kereta Rel Listrik (KRL).

Salah satu kebijakan baru yang akan diterapkan itu adalah himbauan kepada seluruh penumpang untuk tidak berbicara secara langsung maupun melalui telepon seluler di dalam rangkaian gerbong.

Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba menjelaskan, kebijakan tersebut dikeluarkan mengingat salah satu penularan Covid-19 terjadi melalui droplet atau cairan yang keluar dari saluran mulut dan hidung saat batuk, bersin, maupun berbicara.

Aturan ini dibuat untuk meminimalisir risiko bagi kelompok yang sangat rentan terhadap Covid-19, yaitu lanjut usia atau mereka yang telah berumur enam puluh tahun atau lebih," ungkapnya melalui keterangan tertulis, Selasa (2/6).

Anne menambahkan, berdasarkan keterangan tersebut, maka kaum lansia sementara waktu hanya akan diizinkan naik KRL pada pukul10:00 hingga 14:00 WIB, mengingat potensi kepadatan pengguna KRL terjadi pada pagi hari dan di sore pada saat jam pulang kantor.

Kebijakan ini pun diberlakukan untuk penumpang KRL yang membawa barang dagangan. Selain itu kepada anak balita, sementara waktu juga dilarang menggunakan KRL mengingat potensi penularan kepada mereka cukup tinggi pula.

Meskipun demikian, bila ada kepentingan yang sangat mendesak bagi balita maupun lansia dapat diizinkan naik KRL dengan sebelumnya berkomunikasi dan menjelaskan keperluannya kepada petugas di stasiun.

Selain mengikuti sejumlah kebijakan baru, pengguna KRL kami ajak untuk memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas transaksi tiket non tunai dengan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) dan kartu uang elektronik bank,” tambah Anne.

Imbauan menggunakan transaksi non tunai ini dikeluarkan untuk meminimalisir kemungkinan penularan Covid-19 dari uang tunai yang sering berpindah tangan.

Kebijakan baru di atas akan diterapkan mulai 8 Juni mendatang. PT KCI turut mengingatkan penumpang untuk senantiasa menggunakan masker serta rajin mencuci tangan dengan air maupun hand sanitizer.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok