MUI DKI Jakarta Keluarkan Fatwa Salat Jumat Boleh Dua Shift

Ragam  RABU, 03 JUNI 2020 , 13:04:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

MUI DKI Jakarta Keluarkan Fatwa Salat Jumat Boleh Dua <i>Shift</i>

Ilustrasi/Net

Pandemik Covid-19 yang belum rampung membuat umat muslim terpaksa melaksanaan salat Jumat tidak di masjid sekitar dua bulan, namun menggantinya dengan salat Zuhur.

Seiring dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dinilai berhasil menurunkan angka Covid-19, pemerintah berencana membuka kembali rumah ibadah dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Untuk itu, Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta memandang perlu menetapkan Fatwa Hukum dan Pedoman tentang Hukum dan Panduan Salat Jumat Lebih Dari Satu Kali Pada Saat Pandemi Covid-19.

Ketua Bidang Fatwa MUI DKI Jakarta, Zulfa Mustofa MY menjelaskan, pelaksanaan salat Jumat yang dilakukan lebih dari satu kali, baik dilakukan dalam satu masjid atau banyak masjid disebut dengan istilah ta’addud al-jumuah.

"Dalam hal menyelenggarakan salat Jumat dalam situasi pandemi Covid-19 di mana kapasitas masjid hanya boleh diisi 40% jamaah yang menyebabkan masjid tidak cukup menampung jamaah, maka salat Jumat boleh dilakukan dengan ketentuan ta’addud al-jumuah lebih dari satu masjid dalam satu kawasan," kata Zulfa melalui keterangan tertulis, Rabu (3/6)

Disebutkan bahwa salat Jumat boleh dilakukan dua shift dalam satu masjid, dengan syarat imam dan khatib berbeda.

Selain itu, dijelaskan pula selama pandemik berlangsung bahwa pelaksanaan salat Jumat tidak harus dilakukan di masjid jami',

"Misalnya di musala, aula atau tempat lain yang suci dan layak, hukumnya boleh dan sah, dengan ketentuan dilaksanakan di waktu Zuhur, didahului dua khutbah Jumat yang memenuhi ketentuan serta jumlah jamaah salat Jumat minimal 40 orang laki-laki dewasa," terang Zulfa.

Para alim ulama pun diminta untuk berpartisipasi untuk mengedukasi masyarakat agar bertindak bijak menghadap fase new normal sesuai protokol kesehatan.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00