Kabar Gembira, Anies Izinkan Rumah Ibadah Kembali Dibuka

Megapolitan  KAMIS, 04 JUNI 2020 , 14:27:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Kabar Gembira, Anies Izinkan Rumah Ibadah Kembali Dibuka

Anies Baswedan/Net

Sempat ditutup selama kurang lebih dua bulan lantaran merebaknya virus Corona baru (Covid-19), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya memutuskan mengizinkan kembali rumah ibadah untuk dibuka.

"Mulai besok kegiatan ibadah sudah bisa dilakukan," ujar Anies saat mengumumkan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Ibukota di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (4/6).

Anies menjelaskan, meskipun PSBB diperpanjang, namun pembatasan kali ini sebagai masa transisi.

Dengan begitu, artinya akan terjadi pelonggaran dan sejumlah kegiatan pun mulai kembali diizinkan beroperasi. Diantaranya kegiatan ekonomi dan perkantoran. Termasuk kegiatan peribadatan.

Meski rumah ibadah diperbolehkan kembali dibuka, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menegaskan bahwa hal itu hanya untuk kegiatan rutin dan tetap harus mengkuti prinsip protokol kesehatan.

"Jadi maksimal diisi 50 persen dari jumlah kapasitas ruangan. Harus ada jarak aman satu meter antar orang. Dan sebelum kegiatan di mulai dan setelah berakhir ada proses pembersihan disinfektan," ungkap Anies.

Dengan aturan tersebut, rumah ibadah tetap tidak diperkenankan dibuka sepanjang waktu demi menghindari penularan.

Khusus untuk umat muslim, Anies meminta agar setiap masjid tidak menggelar karpet atau permadani. Selain itu, setiap jamaah pun diwajibkan untuk membawa alat salat sendiri.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok