Hardjuno Wiwoho Kritik Pengacara Yang Rajin Cari Sensasi

Peristiwa  KAMIS, 04 JUNI 2020 , 18:55:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Hardjuno Wiwoho Kritik Pengacara Yang Rajin Cari  Sensasi

Hardjuno Wiwoho/Net

Sepak terjang advokat Alvin Lim dari LQ Indonesia Lawfirm kembali menjadi sorotan. Alvin dianggap kerap membuat sensasi di panggung penegakan hukum Tanah Air.

Demikian dikatakan Praktisi Hukum, Hardjuno Wiwoho melalui keterangan tertulisnya, Kamis (4/6).

Salah satu yang dikritik Hardjuno adalah ketika Alvin menuding Ketua Pansel Capim KPK 2019-2023, Yenti Ganarsih tidak paham hukum pidana.

Padahal, Yenti merupakan doktor hukum pertama di bidang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dari Universitas Trisakti Jakarta.

"Ini artinya, kapasitas dan kepakaran Yenti dalam bidang hukum pidana tidak perlu diragukan lagi. Saya lihat, saudara Alvin Lim ini yang lebay. Justru dia yang nggak paham hukum," ujar Hardjuno.

Hardjuno menilai, sosok Yenti sangat mumpuni dibidang hukum. Atas dasar track record itulah maka Presiden Joko Widodo mengangkatnya menjadi Ketua Pansel Capim KPK beberapa waktu lalu.

"Ini kontras dengan kemampuan ilmu hukum Alvin," ujar Hardjuno.

Lebih lanjut, Hardjuno melihat, justru Alvin kerap tidak patuh hukum. Dari pemberitaan sejumlah media, Alvin yang pernah menjadi terdakwa kasus pemalsuan dokumen klaim asuransi ternyata kerap mangkir dalam persidangan, bahkan hingga 20 kali.

Padahal, saat itu dia sehat lahir dan batin.

Selain itu pada 21 Februari 2009, Alvin pernah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polres Jakarta Timur.

Saat itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Zulkarnain Adinegara menjelaskan, Alvin dikenakan Pasal 362 KUHP tentang pencurian, Pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan dan Pasal 406 KUHP tentang pengerusakan.

"Dia kan mencuri HP di rumah teman istrinya, terus masuk ke rumah orang itu perbuatan tidak menyenangkan. Kemudian dia mendobrak pintu, itu sudah pengerusakan. Ancaman hukumannya maksimal 7 tahun lah kalau dikumulatifkan," kata Zulkarnain.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok