6 S Jadi Kunci KKP Hadapi New Normal

Bisnis  MINGGU, 07 JUNI 2020 , 22:04:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

6 S Jadi Kunci KKP Hadapi <i>New Normal</i>

Kementerian Kelautan dan Perikanan/Net

RMOLJakarta.Untuk memberikan pelayanan optimal, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan sejumlah langkah guna menyambut era normal baru di masa pandemik Covid-19.

Salah satu di antaranya menggelar 'Virtual Training Budaya Pelayanan Prima bagi Petugas Pelayanan Publik Frontliner KKP”.

Kepala Pusat Standardisasi Sistem dan Kepatuhan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Teguh Samudro mengatakan, dalam tatanan normal baru, petugas pelayanan perlu menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi akibat adanya pandemik Covid-19.

Salah satu hal yang mengalami perubahan adalah budaya pelayanan yang sebelumnya harus menjalankan sikap 5 S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun, ditambah dengan 1 S yang terakhir yaitu Safety.

"Safety menjadi sikap yang paling utama dalam menjalankan pelayanan kepada masyarakat, baik safety untuk petugas maupun safety untuk masyarakat pengguna jasa,” kata Teguh melalui keterangannya, Minggu (7/6).

Ke depan, KKP melalui Pusat Standardisasi Sistem dan Kepatuhan akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, baik melalui pelatihan peningkatan kompetensi kepada petugas, peningkatan sarana dan prasarana pelayanan dan digitalisasi pelayanan.

Pada masa pandemik Covid-19, tingkat stres pegawai pasti akan meningkat, maka perlu dilakukan manajemen tingkat stress untuk meningkatkan mood dan daya tahan tubuh,” pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca