Ojol Tak Bisa Keluar Masuk 66 RW Zona Merah

Megapolitan  SENIN, 08 JUNI 2020 , 10:53:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Ojol Tak Bisa Keluar Masuk 66 RW Zona Merah

Driver Gojek/Net

Seiring penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi di DKI Jakarta, layanan GoRide dari Gojek Indonesia bisa kembali diakses masyarakat sejak hari ini, Senin (8/6).

Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 51/2020 dan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 105/2020 tentang Pengendalian Sektor Transportasi Untuk Pencegahan COVID-19 Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

Namun demikian, layanan ini belum sepenuhnya normal. Karena pihak Gojek akan mengikuti aturan Pemprov DKI Jakarta, terkait aturan zonasi Covid-19.

Saat ini, masih ada 66 RW di wilayah DKI Jakarta yang masuk zona merah. Untuk itu, untuk masyarakat yang berada di wilayah yang masih masuk zona merah, tidak bisa memesan layanan GoRide.

Begitupun dengan masyarakat asal zona hijau tidak bisa minta diantar ke wilayah zona merah.

"Sesuai SK Dishub Nomor 105/2020, Gojek memastikan tidak beroperasi di wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah pengendalian ketat berskala lokal dengan menerapkan pengaturan geofencing," jelas Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita, melalui keterangannya, Senin (8/6).

Selain itu, untuk menjaga keselamatan mitra maupun penumpang, Gojek juga menerapkan aturan ketat terkait dengan kebersihan dan kesehatan.

Seperti mewajibkan mitra menggunakan masker dan sarung tangan. Sedangkan penumpang juga wajib menggunakan masker dan diimbau untuk membawa helm SNI pribadi.

Kalaupun harus memakai helm dari mitra, penumpang diminta untuk menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pakai helm.

Kemudian Gojek juga memiliki 130 Posko Aman di kota-kota besar di Indonesia termasuk Jakarta. Di mana mitra dapat melakukan pengecekan suhu tubuh, mendapatkan healthy kit (masker dan hand sanitizer) serta tempat untuk dilakukannya penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan mitra.

Terbaru, kini ada fitur informasi kesehatan mitra di aplikasi Gojek. Di mana pelanggan dapat mengetahui suhu tubuh mitra driver dan status disinfeksi kendaraan mitra.

"Gojek merupakan layanan on-demand pertama di Indonesia yang meluncurkan fitur ini. Fitur ini tidak hanya membantu para pengguna layanan Gojek untuk merasa aman dan memastikan layanan mereka memenuhi standar kesehatan dan higienis, tetapi juga membantu para mitra driver Gojek untuk bisa bekerja dengan tenang," pungkas Nila Marita dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL. [dod]

Komentar Pembaca