Lalu Lintas Ibukota Kondusif, Ganjil Genap Motor Menunggu Evaluasi

Megapolitan  JUM'AT, 12 JUNI 2020 , 15:26:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Lalu Lintas Ibukota Kondusif, Ganjil Genap Motor Menunggu Evaluasi

Ilustrasi/Net

MOLJakarta. Kondisi lalu lintas Ibukota di tengah masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi terpantau kondusif. Bahkan kondisi tersebut tercatat masih di bawah rata-rata kondisi pada saat normal.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat ditemui di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (12/6).

"Dari perhitungan kami memang dibandingkan dengan masa normal, untuk kondisi lalu lintas masih di bawah rata-rata kondisi pada saat normal. Kondisinya sekitar 17% berada di bawah dari kondisi normal," ujar Syafrin.

Dengan kondisi demikian, Syafrin menegaskan, bahwa wacana ganjil genap yang akan diterapkan untuk kendaraan roda dua di Jakarta belum akan dilakukan.

"Artinya dengan kondisi ini untuk pelaksanaan ganjil genap belum dilaksanakan," ucapnya.

Syafrin melanjutkan bahwa wacana ganjil Genap tersebut dibuat Pemprov DKI sebagai rem darurat. Kebijakan itu pun termaktub dalam Peraturan Gubernur nomor 51/2020.

"Kebijakan ganjil genap yang diatur dalam Pergub Nomor 51 Tahun 2020 itu tidak otomatis diberlakukan. Kami dari Dinas Perhubungan itu terus menerus akan melakukan kajian dan evaluasi terhadap kondisi lalu lintas dan angkutan," terang Syafrin.

"Dalam evaluasi ini tentu akan kita laporkan kepada pak gubernur apa yang akan ditetapkan ke depan. Tapi prinsip untuk penerapan ganjil genap tetap base on evaluasi, hasil evaluasi dari kondisi lalu lintas," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca