Dinas KPKP Gelar Penanaman Tanaman Serentak Di 92 Lokasi

Megapolitan  SABTU, 13 JUNI 2020 , 08:08:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Dinas KPKP Gelar Penanaman Tanaman Serentak Di 92 Lokasi

Dinas KPKP gelar penanaman tanaman serentak/Ist

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menggelar penamanan tanaman sayuran, toga, dan buah-buahan secara serentak di Jakarta, Jumat (12/6).

Penanaman serentak ini berlangsung di 92 lokasi, luas tanam mencapai 51.073 m2 atau setara 5,1 hektare dengan jumlah peserta mencapai 972 orang.

Kegiatan ini dimonitoring langsung secara online oleh Direktur Perbenihan Tanaman Holtikultura Kementerian Pertanian RI Sukarman dan Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni.

Darjamuni mengapresiasi antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, selain kelompok tani atau pegiat urban farming, kegiatan penanaman serentak ini diikuti oleh anggota organisasi masyarakat (ormas), pengelola RPTRA, pengelola masjid, pengelola Gang Hijau, lahan tidur, sekolah, perkantoran dan TNI.

"Di saat kita menghadapi pandemi Covid-19, rupanya masyarakat menyiapkan waktu lebih untuk melakukan kegiatan penanaman. Saya senang sekaligus kaget, kegiatan menanam di 92 lokasi, dan masyarakat yang terlibat hampir 1.000 orang. Ini hal yang luar biasa," kata Darjamuni melalui keterangan tertulis, Sabtu (13/6).

Darjamuni mengatakan, melihat antusiasme masyarakat, Dinas KPKP DKI siap menyediakan benih untuk mendukung kegiatan pertanian perkotaan di berbagai wilayah.

Darjamuni mengaku sudah menginstruksikan Kepala UPT Perbenihan Dinas KPKP DKI menyiapkan tanaman-tanaman produktif untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan pertanian di Jakarta.

"Silakan ajukan ke dinas minta benih apa, kalau misalnya benih-benih holtikultura nanti kita ajukan permohonan ke Kementerian Pertanian RI untuk benihnya, kalau untuk tanaman buah dan produktif kami siapkan di UPT Perbenihan. Tapi tanaman yang diminta harus disesuaikan dengan potensi wilayahnya," urai Darjamuni.

Darjamuni meminta petugas teknis di lapangan seperti Satuan Pelaksana (Satlak) dan para penyuluh untuk mengidentifikasi dan menginventarisasi potensi yang ada serta kebutuhan masyarakat di wilayahnya masing-masing.

"Kami akan menanam di lahan kosong baik itu milik swasta, pribadi, perkantoran, gang-gang hijau, rooftop, RPTRA, sekolah, perkantoran dan lahan tidur ini potensi untuk kita kembangkan lebih lanjut. Jadi semua saya minta menindaklanjuti apa yang diminta oleh masyarakat, kami upayakan apa yang diminta masyarakat terpenuhi, dan program pertanian perkotaan di Jakarta ini berhasil," ungkap Darjamuni.

Sementara Direktur Perbenihan Tanaman Hortikuktura, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Sukarman meambahkan, di tengah melemahnya sektor ekonomi, termasuk sektor pertanian akibat pandemi Covid 19, adanya bantuan benih tanaman ini diharapkan bisa menjadi stimulan energi bagi para pelaku usaha atau petani untuk terus berusaha guna menghasilkan produk pangan mendukung ketahanan pangan secara lokal maupun nasional.

"Kegiatan penanaman dengan memanfaatkan lahan yang ada seperti pekarangan rumah untuk budidaya pertanian agar terus diperluas dan ditingkatkan," kata Sukarman.

Penamaman pohon juga melibatkan Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, Walikota Jakarra Selatan Marullah Matali dan Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri.[dod]

Komentar Pembaca