Kolaborasi Dengan ITS, Protelindo Berbagi Donasi Robot Raisa

Megapolitan  MINGGU, 14 JUNI 2020 , 14:03:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Kolaborasi Dengan ITS, Protelindo Berbagi Donasi Robot Raisa

Robot Raisa/Ist

Pandemik Covid-19 yang masih mewabah mendorong PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) melalui program Protelindo Berbagi untuk ikut ambil bagian dalam menanggulangi dampak Covid-19.

Kali ini Protelindo Berbagi hadir dengan memberikan donasi di Jawa Timur, mengingat wilayah tersebut saat ini menjadi episentrum Covid-19.

Berkolaborasi dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Protelindo Berbagi mendonasikan tiga buah Robot Robot medical Assistant ITS Airlangga (Raisa) kepada RS Dr Soetomo Surabaya dan RS Saiful Anwar, Malang.

Robot Pelayan Pasien Covid-19 ini bisa melakukan komunikasi dua arah sehingga dapat menanyakan keluhan pasien dan juga bisa mengambil suhu temperatur. Robot ini sendiri dioperasikan oleh operator dan dilengkapi dengan sensor, sehingga bisa berjalan sesuai arah yang ditentukan.

"Semoga Robot Raisa dan bantuan APD yang kami berikan ini dapat memberikan dukungan secara maksimal kepada para petugas medis yang sedang bertugas.” ujar Direktur Protelindo, Indra Gunawan saat dikonfirmasi, Minggu (14/6).

Sementara itu Rektor ITS, Prof. Mochamad Ashari mengatakan Robot Raisa adalah produk inovasi yang dibuat berdasar kebutuhan rumah sakit. Robot ini bisa membantu tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas rutin tanpa menurunkan kualitas terhadap pasien Covid-19.

"Robot ini sangat diperlukan rumah sakit rujukan Covid-19, dan akan sangat membantu untuk mengurangi frekuensi dan durasi interaksi antara tenaga kesehatan dengan pasien Covid-19. Dengan demikian pada akhirnya bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 terhadap tenaga medis," jelasnya.

Protelindo Berbagi juga akan mendonasikan 2000 APD lengkap dengan face shield, 5000 buah masker medis kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan juga akan mendonasikan 1000 APD lengkap dengan faceshield beserta 1000 buah masker medis kepada KodamV Brawijaya.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104
Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00