Salip Singapura, Indonesia Kini Mitra Dagang Terbesar Tiongkok di Asia Tenggara

Bisnis  RABU, 17 JUNI 2020 , 20:18:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Salip Singapura, Indonesia Kini Mitra Dagang Terbesar Tiongkok di Asia Tenggara

Repro

Indonesia kini menjadi mitra dagang terbesar China di kawasan Asia Tenggara. Peningkatan ini terjadi pada 2019 dimana nilai perdagangan Indonesia mencapai sekitar 78 miliar US Dollar.

Hal tersebut disampaikan Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun dalam diskusi online ‘Covid-19, belajar new normal dari negeri China’ yang digelar oleh Jejaring Media Siber Indonesia (JMSI). Diskusi ini menjadi tahap pertama yang akan dilanjutkan secara simultan jelang Munas JMSI yang akan berlangsung pada 29 Juni 2020 mendatang secara virtual dari Pekanbaru, Riau.

Tahun 2018 lalu, mitra dagang terbesar Tiongkok itu Singapura, namun Tahun 2019 nilai perdagangan Indonesia dengan Tiongkok meningkat 95,6 persen. Ditambah realiasi investasi Hongkong kini kita menjadi nomor 1 di Asean,” katanya belum lama ini.

Djauhari menjelaskan, peningkatan perdagangan Indonesia dengan Tiongkok ini merupakan bagian dari realisasi hubungan bilateral kedua negara yang sejak 6 tahun terakhir disepakati dalam bentuk kemitraan strategis komprehensif (comprehensive strategic partnership).

Artinya, dalam 6 tahun terakhir, hubungan kedua negara berlangsung dalam berbagai sendi mulai dari bidang keamanan, ekonomi dan lainnya.

Kalau hubungan diplomatik Indonesia dengan Tiongkok sudah 70 tahun. Sebenarnya, kita mau merayakan itu tapi karena pandemi covid-19 kita tunda perayaannya,” ungkapnya.

Selain topik ekonomi, Djauhari juga memaparkan berbagai strategi penanganan covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Tiongkok. Ia memastikan seluruh warga negara Indonesia mendapat penanganan terbaik dimana WNI disana difasilitasi dalam mengakses layanan kesehatan termasuk pemulangan ke Indonesia.

Kita semua memastikan kebijakan penanganan Covid-19 terhadap WNI seluruhnya berjalan dengan baik,” ujarnya. []

Komentar Pembaca