Pertanian Perkotaan Makin Diminati, 410 Peserta Dari 24 Daerah Ikuti Seminar Online Urban Farming

Megapolitan  RABU, 24 JUNI 2020 , 08:01:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Pertanian Perkotaan Makin Diminati, 410 Peserta Dari 24 Daerah Ikuti Seminar Online Urban Farming

Darjamuni/Ist

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menggandeng PT Bank DKI menyelenggarakan seminar online bertajuk "Urban Farming dengan Teknologi Hidroponik". Seminar online tersebut diikuti 410 peserta dari 24 daerah di Indonesia.

Ratusan peserta mengikuti seminar online hidroponik melalui aplikasi link Google Meet atau channel Youtube Go Jakfarm DKI Jakarta.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni yang berada di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, memberikan materi yang meliputi pengertian, manfaat, potensi pengembangan dan strategi pengembangan urban farming (pertanian perkotaan) di Jakarta.

"Peserta juga mendapatkan pemanfaatan kontainer untuk budidaya pertanian dan materi tentang hidroponik," kata Darjamuni, Selasa (23/6).

Selain Darjamuni, seminar online juga menghadirkan narasumber Dosen Teknik Mesin dan Biosistem Fakultas Ilmu Pertanian IPB, Slamet Widodo dan praktisi urban farming sekaligus Direktur Vinca Nursery, Slamet Budiarto.

"Pertanian perkotaan dengan sistem bertanam sayuran secara hidrophonik semakin diminati masyarakat, terutama di tengah pandemi Covid-19," ujar Darjamuni.

Darjamuni berharap, melalui seminar online ini pertanian perkotaan semakin berkembang hingga mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, khususnya sayuran yang sehat, segar, bermutu dan aman untuk dikonsumsi, serta mendukung ketahanan pangan keluarga dan kelompok.

"Kerja sama dan kolaborasi ini akan terus dilakukan dalam rangka memperkenalkan serta menjangkau sasaran lebih luas lagi tentang pertanian perkotaan atau urban farming dengan metode hidroponik di masyarakat," terang Darjamuni.

Kegiatan budidaya pertanian secara online seperti ini sudah empat kali dilaksanakan selama periode PSBB dengan menghadirkan narasumber yang berbeda.

Dalam seminar tersebut, ada lima peserta yang beruntung memperoleh hadiah dari Bank DKI, yakni Eka Yulianti dari Kebayoran Lama, Jakarta Selatan; Fifi Rufaida dari Lubang Buaya, Jakarta Timur; Tri Indra dari Kalimantan Tengah; Tri Yanto dari Tangerang dan ICT dari Cipete, Jakarta Selatan.[dod]

Komentar Pembaca