Waspada! 2 Perumahan Di Cibinong Terancam Banjir Bandang

Megapolitan  KAMIS, 25 JUNI 2020 , 13:00:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Waspada! 2 Perumahan Di Cibinong Terancam Banjir Bandang

Perumahan Graha Selaras/Net

Dua perumahan di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor terancam dilanda banjir bandang. Sebabnya, tanggul penahan air sungai yang berasal dari Setu Cikaret mengalami kebocoran dan terancam jebol.

Dari dua perumahan yang berlokasi di Jalan Mandor Sanun, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong ini, ada sekitar 500 rumah warga, terdiri dari 300 rumah di Perumahan Graha Selaras dan sebanyak 200 rumah di Perumahan Cempaka.

Wakil Ketua Paguyuban Graha Selaras, Hendra Wibowo menjelaskan, sejak dua minggu lalu belum ada tindak lanjut konkret dari Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Bowo -karib disapa- bercerita, pada Selasa dini hari (9/6) dirinya mendapatkan informasi dari warga bahwa tanggul yang berada di atas perumahan jebol.

Seketika itu, pengurus langsung mensurvei lokasi dan berkoordinasi dengan developer, RT/RW dan juga kelurahan setempat.

Karena masalah kebocoran tanggul di luar kewenangan developer, pekan lalu akhirnya pihak pengurus dan jajaran RT/RW melaporkan kebocoran tanggul itu kepada Dinas PUPR dan BPBD Kabupaten Bogor.

"Terdapat informasi bahwa tanggul adalah di luar wilayah developer. Tanggung jawab dan perawatan tanggul adalah di luar kuasa kelurahan dan kecamatan. Makanya kita lapor Dinas PU dan BPBS," demikian penjelasan Bowo kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (25/6).

Bowo menjelaskan, pada Kamis (18/6) lalu pihak BPBD sempat mensurvei lokasi bocornya tanggul penahan air sungai, tetapi hingga saat ini belum ada tindakan konkret.

Ia berharap, pemerintah segera menindaklanjuti kebocoran tanggul yang mengancam keselamatan ribuan warga yang tinggal di dua perumahan tersebut.

Sementara ini, warga swadaya memasang terpal dan material seadanya. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kebocoran yang lebih besar.

"Kami berharap pemerintah segera melakukan langkah secepatnya, ada banyak warga yang terancam keselamatannya," harap Bowo.

Pada malam awal tahun 2020 terjadi hujan lebat di kawasan Cibonong. Saat itu air sungai meluap ke rumah warga dan mengakibatkan banjir melanda seluruh kawasan perumahan.

Bowo menyebutkan, jika tanggul jebol, maka bukan tidak mungkin banjir bandang yang lebih besar akan menghantam dua perumahan yang posisinya berada di bawah tanggul sungai tersebut.[dod]

Komentar Pembaca