Kisruh PPDB DKI, KPAI: Faktor Usia Bisa Jadi Pertimbangan, Jika ...

Megapolitan  SENIN, 29 JUNI 2020 , 16:50:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Kisruh PPDB DKI, KPAI: Faktor Usia Bisa Jadi Pertimbangan, Jika ...

Retno Listyarti/Net

Permasalahan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 di DKI Jakarta, ditanggapi serius oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Polemik PPDB bermula karena Dinas Pendidikan DKI dinilai diskriminatif lantaran penerimaan calon siswa lebih mengutamakan usia dibandingkan zonasi dan prestasi.

Untuk itu, Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti meminta Dinas Pendidikan DKI untuk mengevaluasi aturan tersebut.

"Faktor usia peserta yang lebih tua baru menjadi faktor yang dipertimbangkan ketika terdapat kesamaan jarak tinggal calon peserta didik dengan sekolah," ujar Retno saat melakukan konferensi pers virtual, Senin (29/6).

Menurutnya, PPDB DKI memang menggunakan jalur zonasi dan jalur lainnya sebagaimana dimandatkan dalam Permendikbud 44 Tahun 2019.

Namun terdapat ketentuan dari Dinas Pendidikan yang menyebutkan, "Dalam hal jumlah calon peserta didik baru yang mendaftar dalam jalur tersebut melebihi daya tampung, maka dilakukan seleksi berdasarkan usia tertua ke usia termuda, urutan pilihan sekolah dan waktu mendaftar."

Akibat hal tersebut, kekisruhan pun tidak bisa dihindarkan. Oleh karenanya, KPAI mendesak Dinas Pendidikan DKI untuk kembali mengacu kepada tujuan Permendikbud 44 Tahun 2019, yakni mendekatkan siswa dengan sekolah.

"Hal inilah yang menimbulkan kekacauan karena pada akhirnya banyak yang tidak terima di sekolah yang dekat dengan rumah," tutup Retno.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00