Jakarta Booming Bersepeda, Wahyu: Pilihan Transportasi Paling Bebas Polusi

Megapolitan  SENIN, 29 JUNI 2020 , 13:09:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Jakarta Booming Bersepeda, Wahyu: Pilihan Transportasi Paling Bebas Polusi

Wahyu Dewanto/Ist

Kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menggalakkan penggunaan sepeda sukses besar. Kini booming sepeda dimana-mana. Bahkan sejumlah kota besar di Tanah Air ikutan banjir sepeda.

Kini, pesepeda semakin mudah ditemui di jalan-jalan ibukota selama the new normal atau kelaziman baru.

Menangapi hal ini,Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wahyu Dewanto mengapresiasi tren bersepeda di ibukota dan sekitarnya.

Wahyu melihat sebagian besar masyarakat menggunakan sepeda untuk berolahraga maupun hobi. Meski ada juga yang menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari, misalnya bekerja dan sebagainya.

Wahyu yang sudah lama bersepeda mengungkapkan bahwa olahraga sepeda kaya manfaatnya.

"Selain tubuh yang lebih sehat, juga kita mudah bersosialisasi dengan teman dan para pesepeda lainnya," kata Wahyu.

Selain itu, menurut Wahyu, bersepeda juga bisa memperbaiki suasana hati menjadi lebih ceria dan tentunya lebih mengenal lingkungan atau kota secara lebih baik dan lebih dekat.

"Tentu masih banyak hal yang saya rasakan perlu untuk ditingkatkan untuk menjaga tren bersepeda ini. Kalau bisa malah menjadi moda transportasi sehari-hari," ujar Wahyu.

Karenanya, kata Wahyu, pengguna sepeda perorangan, komunitas pesepeda, produsen sepeda, maupun pemerintah perlu terus memperbarui dan memperbaiki pemahaman serta pengetahuan tentang bersepeda untuk meningkatkan performa dan kenyamanan serta keselamatan dalam bersepeda.

"Bersepeda merupakan pilihan yang paling bebas polusi dan bisa juga paling ekonomis untuk transportasi maupun berolah raga," ungkap politisi Partai Gerindra ini.

Terakhir Wahyu mendorong perbaikan infrastruktur yang menunjang kemudahan dan keselamatan dalam bersepeda perlu terus ditingkatkan.[dod]

Komentar Pembaca