Anies Didorong Tiru Italia Yang Berikan Kerinģanan Pembelian Sepeda

Megapolitan  SELASA, 30 JUNI 2020 , 13:31:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Anies Didorong Tiru Italia Yang Berikan Kerinģanan Pembelian Sepeda

Wahyu Dewanto/Ist

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disarankan meniru pemerintah Italia dalam memberikan keringanan kepada warganya yang ingin membeli sepeda.

Hal ini dinilai merupakan cara efektif menghindari penumpukan penumpang angkutan umum dan mencegah kemacetan lalu lintas.

Diberitakan Reuters, di Italia sebanyak 540.000 sepeda terjual secara nasional sejak toko sepeda kembali dibuka pada awal Mei. Hal itu meningkat hingga 60% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Pemerintah Italia mencegah penumpukan warga di transportasi umum seperti bus untuk meminimalisir penularan virus Corona (Covid-19). Mereka juga tak ingin warganya beralih ke kendaraan pribadi yang menimbulkan kemacetan lalu lintas.

"Pemberian subsidi atau keringanan pembelian seperti di Italia bisa ditiru Pak Anies. Nantinya, warga yang membeli sepeda konvensional maupun sepeda yang dilengkapi tenaga listrik bisa mendapatkan keringanan itu," kata Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wahyu Dewanto saat dihubungi, Selasa (30/6).

Subsidi pembelian sepeda, menurut Wahyu, sekaligus bisa membantu Anies untuk mewujudkan ambisinya mengurangi polusi di Jakarta.

"Jadi seperti Pak Anies bilang berkali-kali, bersepeda diharapkan bukan cuma alat berolahraga, namun juga sarana transportasi," ujar politisi Partai Gerindra ini.

Bukan cuma itu, Wahyu juga mengharapkan seluruh gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan di Jakarta menyediakan tempat parkir sepeda.

"Pengelola gedung perkantoran dan pengelola pusat perbelanjaan harus menyiapkan lokasi parkir bagi para pesepeda. Dengan begitu ke depannyà sepeda akan menjadi alat transportasi andalan warga DKI," ungkap Wahyu.

Wahyu menambahkan, dasar hukum penyediaan parkir sepeda ini tercantum dalam Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif.[dod]

Komentar Pembaca