Kuota Zonasi DKI Lebih Kecil Dari Permendikbud, Ini Penjelasan Anak Buah Anies

Megapolitan  SELASA, 30 JUNI 2020 , 18:04:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Kuota Zonasi DKI Lebih Kecil Dari Permendikbud, Ini Penjelasan Anak Buah Anies

Nahdiana/RMOL

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan mengatur kuota minimum jalur zonasi sebesar 40 persen. Angka tersebut lebih rendah dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) 44/2019 yang mengatur minimal 50 persen.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nahdiana menjelaskan alasan mengapa kuota tersebut lebih rendah dikarenakan agar kuota untuk jalur prestasi menjadi lebih besar.

"Kalau zonasi itu 50 persen maka prestasi itu nilainya jadi berkurang, 25 persen untuk jalur afirmasi di tambah 50 persen (zonasi) jadi 75 persen," kata Nahdiana dalam diskusi virtual, Selasa (30/6).

"Maka untuk jalur prestasi yang saat ini kami berikan itu adalah 30 persen. Dengan rincian 5 persen untuk jalur prestasi non akademis, 20 persen untuk prestasi akademis dan 5 persen untuk jalur prestasi yang berasal dari luar DKI," sambung anak buah Gubernur Anies tersebut.

Nahdiana menambahkan penentuan kuota tersebut dilakukan Dinas Pendidikan semata-mata untuk mengakomodir semua lapisan.

"Pasti ada yang tidak lolos seleksi apalagi kembali ke daya tampung sekolah negeri, tapi tidak ada lulusan yang tidak bisa bersekolah karena jumlah daya tampung sekolah itu melebihi dari jumlah lulusan yang saat ini lulus," pungkas Nahdiana.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00