PPDB DKI Kacau, Golkar: Contoh Buruk Dunia Pendidikan

Megapolitan  RABU, 01 JULI 2020 , 19:32:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

PPDB DKI Kacau, Golkar: Contoh Buruk Dunia Pendidikan

Basri Baco/RMOL

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di DKI Jakarta dinilai kacau balau oleh sejumlah kalangan lantaran tidak sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 45/2019 yang mengatur zonasi.

Polemik PPDB bermula Dinas Pendidikan DKI Jakarta dinilai diskriminatif sebab melakukan penerimaan siswa dengan lebih mengutamakan usia dibandingkan zonasi maupun prestasi.

DPD Partai Golkar DKI Jakarta pun lantang bersuara untuk memperjuangkan nasib murid-murid yang terpaksa tersingkir hanya karena kalah di usia.

"Dunia pendidikan harus diolah menggunakan otak dan pakai hati. Perjuangan belum selesai. Kita akan mengakomodir, semoga ada gerakan yang lebih besar lagi," kata Sekretaris DPD Partai Golkar DKI, Basri Baco dihadapan para orang tua murid saat melakukan diskusi di Sekretariat DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Cikini, Rabu (1/7).

Baco menegaskan bahwa pelaksanaan PPDB 2020 harus dibatalkan karena petunjuk teknis (Juknis) yang dibuat Dinas Pendidikan DKI Jakarta bertentangan secara hukum.

"Ini contoh buruk untuk dunia pendidikan. Jangan berharap Indonesia punya anak yang berkarakter. Bisa jadi nanti jadi kacung di negara sendiri. Kita nanti bikin aksi yang lebih besar lagi," tegas Baco.

Selanjutnya Baco juga menyoroti kinerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim yang dinilainya menutup mata dengan apa yang tengah terjadi dan dialami para murid.

"Presiden harus mengevaluasi Menteri Pendidikan. Perjuangan ini tidak boleh berhenti. Kita kejar sampai kapan pun. Kami siap membantu," tegas Baco yang disambut tepuk tangan dari para perwakilan orang tua murid.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00