PKS Usul Sekolah Jadi Tempat Pemotongan Kurban

Megapolitan  KAMIS, 02 JULI 2020 , 12:29:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

PKS Usul Sekolah Jadi Tempat Pemotongan Kurban

Ilustrasi/Net

Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha, sejumlah protokol kesehatan tengah dipersiapkan. Hal itu dilakukan lantaran saat ini virus corona baru (Covid-19) masih mewabah di Ibukota.

Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Abdul Aziz mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta dan rumah pemotong hewan Dharma Jaya.

"Saya tanya kepada Dharma Jaya, kamu mampu nggak menampung pemotongan sapi seluruh Jakarta? Nah itu direkturnya aja nyerah," ujar Aziz saat dihubungi wartawan, Kamis (2/7).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menegaskan, sampai hari ini belum ada keputusan terkait teknis pelaksanaan karena masih dalam pembahasan.

Disisi lain, jika peraturan pusat yang meminta pemotongan kurban harus dilakukan di rumah potong hewan (RPH), secara kapasitas DKI Jakarta belum menyanggupi.

Dalam kondisi pandemik seperti sekarang, lanjut Aziz, masyarakat tidak diperbolehkan untuk berkerumun.

Oleh sebab itu, sebagai solusi, Aziz meminta agar Pemerintah Daerah dapat mengizinkan sekolah dipakai untuk pemotongan hewan kurban.

"Sehingga mereka bisa dikontrol, mereka melakukan proses pemotongan lalu panitia ke rumah masing masing, di balik peraturannya, diberikan tempat, yang potensi penumpukan orang sedikit," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca