MABJAK: Kisruh PPDB DKI Akibat Kebijakan Kadisdik Langgar Permendikbud

Megapolitan  KAMIS, 02 JULI 2020 , 20:07:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

MABJAK: Kisruh PPDB DKI Akibat Kebijakan Kadisdik Langgar Permendikbud

Unjuk rasa orang tua siswa/Net

Kisruh Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta tahun 2020 belum juga mereda.

Koordinator Masyarakat Arus Bawah Jakarta (MABJAK), Edo Manatas Pasaribu menilai permasalahan PPDB di DKI Jakarta merupakan bukti kegagalan Kepala Dinas Pendidikan, Nahdiana dalam mengelola pendidikan di ibukota.

"Masyarakat Jakarta akan marah dengan cara pimpinan daerah yang mengelola pendidikan dengan tidak memperhatikan prinsip keadilan. Diskriminasi usia dan zonasi, merupakan fakta bahwa gubernur, terlebih Kepala Dinas Pendidikan gagal faham menata pendidikan Ibukota," kata Edo kepada wartawan, Kamis (2/7).

Diketahui, Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 501 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021 bertentangan dengan Permendikbud Nomor 44 tentang Ketentuan PPDB yang mengatur persyaratan hingga jalur pendaftaran pelaksanaan PPDB. Permendikbud tersebut tidak mengatur jalur zonasi dan usia.

"Saya menyesalkan Kadisdik yang menerbitkan petunjuk teknis dan pelaksanaan dalam PPDB di Jakarta yang bertentangan dengan Permendikbud," ujar Edo.

Karenanya Edo mendorong Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian untuk segera menertibkan aturan-aturan di dunia pendidikan yang bersifat diskriminatif.

Selain itu, Ombudsman Republik Indonesia juga diharapkan memeriksa maladministrasi yang dilakukan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00