Selama Basisnya Politik, Puluhan Kali Reshuffle Tidak Akan Membuat Kinerja Pemerintah Membaik

Politik  KAMIS, 02 JULI 2020 , 23:06:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Selama Basisnya Politik, Puluhan Kali Reshuffle Tidak Akan Membuat Kinerja Pemerintah Membaik

Presiden Joko Widodo/Net

Isu reshuffle menteri yang dilontarkan Presiden Joko Widodo setelah menyampaikan kekesalannya terhadap kinerja kementerian pada Sidang Kabinet Kamis 18 Juni lalu menuai kritik.

Salah satunya datang dari Direktur Ekekutif Voxpol Centre Pangi Syarwi Chaniago. Menurut Pangi, sebelum Jokowi membentuk kabinetnya, ia mengaku telah memberikan masukan kepada Eks Gubernur DKI itu untuk berhati-hati dalam memilih menteri.

Karena menurutnya, bongkar pasang kabinet di tengah perjalanan pemerintahan bisa mengganggu kerja-kerja negara dari berbagai aspek.

"Gonta-ganti menteri berkali-kali dapat memperlambat akselarasi kerja kementerian itu sendiri, menteri baru harus beradaptasi kembali dan mulai dari nol lagi," ujar Pangi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (2/7).

Namun sikap ketidakhati-hatian Jokowi pun nampak di masa kerja yang belum mencapai setahun ini, dan fatalnya bertepatan dengan datangnya pandemik virus corona baru (Covid-19).

"Hal tersebut sekarang mulai terungkap dan terkonfirmasi, banyak menteri yang nampaknya tidak mampu mengimbangi ritme kerja Presiden," tuturnya melanjutkan.

Ia menambahkan, secara pribadi, Pangi mengaku khawatir dengan wacana reshuffle. Ia khawatir bisa jadi ada pihak dari partai politik pendukung pemerintahan yang akan turut mempengaruhi keputusan Jokowi dalam menentukan siapa-siapa saja menteri yang dipecat.

Hal tersebut, kata Pangi, justru akan menjadikan reshuffle tidak berarti lantaran indikatornya adalah politik, bukan dari kinerja si menteri. Alhasil, reshuffle tidak berujung positif seperti keinginan Jokowi.

"Mau dua kali sampai sepuluh kali reshuffle pun tidak akan punya korelasi linear terhadap kinerja pemerintah, selama reshuffle hanya berbasiskan letupan politik semata," demikian Pangi Syarwi Chaniago. []


Komentar Pembaca