498 Petugas Diterjunkan Periksa Kesehatan Hewan Kurban Di Jakarta

Megapolitan  JUM'AT, 03 JULI 2020 , 07:36:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

498 Petugas Diterjunkan Periksa Kesehatan Hewan Kurban Di Jakarta

Hewan kurban/Net

Jelang perayaan hari raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan menurunkan sebanyak 498 petugas pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni merinci, 397 orang petugas merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 101 lainnya merupakan Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) atau berstatus non-PNS.

"Dalam pelaksanan tugas kami juga akan didukung 76 orang dari PDHI DKI Jakarta dan 10 petugas dari Kementerian Pertanian. Jadi total ada 584 orang petugas yang akan melakukan pemeriksaan hewan dan daging kurban di Jakarta," ujar Darjamuni melalui keterangan tertulis, Jumat (3/7).

Sejumlah persiapan menghadapi Hari Kurban pada 31 Juli 2020 mendatang juga dilakukan di antaranya, pembuatan standar operasional prosedur pedoman kurban, penyiapan fasilitas penampungan dan pemotongan hewan kurban, serta pembuatan video edukasi simulasi pemotongan hewan kurban.

"Untuk surveilans penyakit zoonosis berupa pengambilan sampel mulai dilaksanakan pada H-12 sampai hari H," sambungnya.

Yang menarik tahun ini adalah adanya imbauan khusus yang dikeluarkan mengingat Idul Adha tahun ini masih dalam situasi pandemik Covid-19 yakni penjualan hewan kurban dimaksimalkan melalui sistem daring.

"Pemotongan hewan kurban di daerah padat penduduk dan zona merah akan diarahkan ke Rumah Potong Hewan dan fasilitas pemotongan," jelas Darjamuni

"Kami juga berkoordinasi dengan para wali kota dan bupati untuk penetapan lokasi tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban," tandasnya.[dod]

Komentar Pembaca