Bawa Bendera Kuning, Ratusan Orang Tua Siswa Minta PPDB DKI Dibatalkan

Megapolitan  JUM'AT, 03 JULI 2020 , 14:34:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Bawa Bendera Kuning, Ratusan Orang Tua Siswa Minta PPDB DKI Dibatalkan

Demo orang tua siswa di depan Istana/RMOL

Ratusan orang tua siswa yang tergabung dalam Forum relawan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melakukan aksi damai di depan Taman Pandang Istana, Jumat siang (3/7). Dari pantauan Kantor Berita Politik RMOLJakarta, para orang tua siswa yang hadir datang dengan membawa atribut berupa spanduk bertulis penolakan terhadap sistem PPDB dan bendera kuning sebagai lambang kematian atas dunia pendidikan.

Dalam tuntutannya, para orang tua siswa mendesak agar Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk segera membatalkan penerimaan PPDB DKI lantaran telah melanggar peraturan.

Peraturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) 44/2019.

"Batalkan PPDB, batalkan PPDB," teriak para orang tua siswa yang mayoritas adalah kaum ibu, di depan taman pandang Istana Merdeka, Jumat (3/6).

Polemik PPDB bermula karena Dinas Pendidikan DKI Jakarta dinilai diskriminatif lantaran penerimaan calon siswa lebih mengutamakan usia dibandingkan zonasi dan prestasi.

Para Orang tua siswa yang menyayangkan sistem tersebut sebelumnya telah melakukan unjuk rasa di depan Balaikota DKI Jakarta dan melakukan pertemuan dengan kepala Dinas Pendidikan yang difasilitasi DPRD DKI.

Namun dari pertemuan itu tidak menemukan solusi dan justru membuat sejumlah orang tua murid menelan kekecewaan.[dod]

Komentar Pembaca