Banyak Anak Stres Gagal Lolos PPDB, Kak Seto: Sukses Tidak Harus Di Sekolah Negeri

Megapolitan  SENIN, 06 JULI 2020 , 18:51:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Banyak Anak Stres Gagal Lolos PPDB, Kak Seto: Sukses Tidak Harus Di Sekolah Negeri

Seto Mulyadi/Net

Polemik Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di DKI Jakarta membuat sejumlah anak dikabarkan mengalami stres. Bahkan ada yang berniat nekat melakukan bunuh diri.

Menanggapi problem tersebut, pemerhati anak Seto Mulyadi alias Kak Seto menyatakan bahwa orang tua sangat berperan terkait kondisi psikologi anaknya.

"Yang paling penting adalah tetap tenang dan terus berusaha memotivasi anak-anaknya untuk tidak terlalu stress," ujar Kak Seto saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Senin (6/7).

Selain itu, Kak Seto juga meminta agar para orang tua dapat meyakinkan kepada anaknya bahwa meraih sukses tidak harus dengan bersekolah di sekolah negeri. Bahkan bila perlu dapat pula mengambil metode homeschooling.

"Karena cukup banyak anak-anak yang tetap bisa sukses walaupun menempuh jalur pendidikan secara homeschooling," tandasnya.

Polemik PPDB bermula karena Dinas Pendidikan DKI Jakarta dinilai diskriminatif lantaran penerimaan calon siswa lebih mengutamakan usia dibandingkan zonasi dan prestasi.

Para orang tua siswa yang menyayangkan sistem tersebut telah beberapa kali melakukan unjuk rasa dan melakukan pertemuan dengan kepala Dinas Pendidikan yang difasilitasi DPRD DKI.

Namun dari pertemuan itu tidak menemukan solusi dan justru membuat sejumlah orang tua murid menelan kekecewaan.[dod]

Komentar Pembaca