APBD DKI 2021 Disarankan Fokus Penambahan Ruang Kelas Sekolah

Megapolitan  SELASA, 07 JULI 2020 , 17:23:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

APBD DKI 2021 Disarankan Fokus Penambahan Ruang Kelas Sekolah

Ilustrasi/Net

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di DKI Jakarta tidak berjalan mulus lantaran sejumlah pihak menilai sistem penerimaan tahun ini kuat dengan nuansa diskriminasi.

Menanggapi hal tersebut, politisi Partai Demokrat Taufik Hidayat mengatakan, terlepas dari persoalan sistem, DKI Jakarta memang memiliki daya tampung sekolah yang terbilang kurang.

Untuk itu Taufik menyarankan agar pihak eksekutif dan legislatif dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 mendatang dapat menambah jumlah kelas di setiap sekolah.

"Agar daya tampung tiap-tiap sekolah bertambah untuk memenuhi minimal 75% dari siswa yang mendaftar," ujar Taufik saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Selasa (7/7).

Taufik menambahkan bahwa pada APBD 2020, rencana rehab sekolah sudah dimasukkan dimana didalamnya ada penambahan ruang kelas. Namun hal tersebut tidak dapat terlaksana karena adanya pandemik Covid-19

"Harapan saya, dalam APBD 2021 anggaran itu dimasukkan kembali. Langit Jakarta masih tinggi, bangun sekolahan keatas,"pungkasnya.

Diketahui, daya tampung sekolah Negeri untuk sekolah dasar yakni berjumlah 101.536 bangku, selanjutnya untuk SMP berjumlah 72.432 bangku, kemudian SMA berjumlah 29.376 bangku dan terakhir untuk SMK berjumlah 19.008 bangku.[dod]

Komentar Pembaca